Sabtu, 02/08/2014, 09:50:06
Arus Balik, Jalur Pantura Ruas Jembatan Comal Macet
Laporan Takwo Heriyanto

Jalur jembatan Comal (Foto: Dok)

PanturaNews (Pemalang) - Memasuki arus balik H+5 lebaran, jalur Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menuju Jakarta-Semarang dan sebaliknya masih terpantau macet total sepanjang 2 hingga 5 kilometer, Sabtu 2 Agustus 2014.

Sejumlah kendaraan dari arah barat menuju timur macet sekitar 2-5 kilometer. Begitu pula sebaliknya dari arah timur menuju Jakarta. Kemacetan terjadi sebelah timur maupun barat jembatan Comal. Hal itu imbas dari jembatan Comal yang beberapa waktu lalu ambles.

Akibat kemacetan tersebut, sejumlah pemudik kendaraan roda empat dan lebih mulai berhamburan ke tepi jalan. Sementara, pemudik yang menggunakan sepeda motor, mencoba untuk mencari jalur yang bisa dilalui, meskipun harus rela berdesak-desakan karena sempitnya jalan yang dilewati.

Namun, ada pula yang lebih memilih menempuh jalur alternatif selatan, seperti melewati jalan Desa Ampelgading hingga tembus melewati jembatan Comal yang ambruk.

Seperti yang disampaikan salah satu pengendara sepeda motor Riyanto (31), warga Brebes. Ia mengatakan, kemacetan akibat jembatan Comal yang ambles beberapa waktu lalu menambah waktu perjalanannya. Sebab, kemacetan parah masih terjadi dari Jembatan Comal hingga Petarukan atau sekitar 2 kilometer. Jarak yang ditempuh dari Petarukan-Comal dengan sepeda motor, bisanya ditempuh hanya beberapa menit, kini bisa sampai 2 Jam.

"Ini karena petugas kepolisian setempat memberlakukan dengan sistem buka tutup. Atau dengan kata lain, bergantian dari arah timur menuju barat, karena saat ini masih hanya satu dari dua Jembatan Comal yang baru diperbaiki akibat ambles beberapa waktu lalu," ujar Riyanto yang mengaku bisa bolak-balik dari Brebes menuju Pekalongan.

Sementara itu, pemudik lain, Lia (28) menjelaskan seharusnya pihak terkait mampu menyelesaikan persoalan ini. “Padahal sudah arus balik, tetapi tetap saja macet. Kami butuh solusi terkait hal tersebut,” papar dia.

Sampai berita ini diturunkan, kendaraan yang berada di jalur jembatan Semarang tersebut masih terjadi kemacetan panjang dan sesekali tidak bisa bergerak.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita