Minggu, 17/08/2014, 04:06:51
HUT RI: 158 Napi Terima Remisi, 7 Langsung Bebas
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Ratusan narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan  (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), menerima remisi HUT ke-69 Kemerdekaan RI, Minggu 17 Agustus 2014. Dari jumlah itu, sebanyak 7 orang Napi langsung dinyatakan bebas.

Pemberian remisi umum itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE disaksikan para pejabat Muspida di Pemkab Brebes.

Kelapa Lapas Kelas IIB Brebes, Hernowo Sugiastanto mengatakan, jumlah total penghuni Lapas Brebes terhitung per 17 Agustus 2014, tercatat ada sebanyak 209 orang. Mereka terdiri dari 171 napi, yakni sebanyak 169 napi pria dan 2

napi wanita.

Kemudian, sebanyak 38 orang tahanan meliputi 36 orang tahanan pria dan 2 tahanan wanita. "Dari sebanyak 171 napi itu, yang mendapatkan remisi umum tahun 2014 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-69 sebanyak 158 orang napi, dan 7 orang diantaranya dinyatakan langsung bebas," kata Hernowo.

"Adapun lamanya remisi yang diterima para penghuni lapas bervariasi antara 1-5 bulan," sambungnya.

Menurutnya, pemberian remisi itu mempunyai maksud dan tujuan, diantaranya sebagai kasalisator bagi para napi agar berkelakukan baik selama dalam binaan dan mengurangi dampak buruk dari pelaksanaan pidana. Berbagai ketrampilan juga diberikan Lapas kepada seluruh warga binaannya. Selain dalam sektor kerajinan, para warga binaan Lapas kini juga tengah diberikan pelatihan budidaya ikan air tawar.

Kemudian, pelatihan potong rambut. Tak hanya itu, mereka juga diberikan penyuluhan bahaya HIV/ AIDS. Selain itu, para warga binaan juga mendapat pelatihan musik dengan alat yang diterima dari bantuan Polres Brebes.

"Mereka yang mendapat remisi dan bisa langsung bebas kami harapkan bisa kembali ke tengah masyarakat dan mampu mengembangkan ketrampilan yang didapat di dalam Lapas, untuk dikembangkan sebagai usaha," paparnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita