Jumat, 22/08/2014, 10:49:07
Pengerek Bendera Paskibra Jateng Itu Anak Brebes
Laporan Takwo Heriyanto

Toro Riyanto, siswa SMK Negeri 1 Bulakamba menjadi Paskibra Jateng (Foto: Dok)

Panturanews (Brebes) - Pengerek Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan ke-69 Kemerdekaan RI tingkat Jawa Tengah (Jateng) di Lapangan Simpang Lima Semarang, ternyata anak Brebes. Dari tiga orang siswa yang ditugasi adalah Toro Riyanto yang mewakili Kabupaten Brebes, Jateng dua yang lainnya dari Kota Semarang dan Kabupaten Salatiga.

Siswa SMK Negeri 1 Bulakamba ini berada pada posisi Pasukan 8 (Delapan) dan masuk ke dalam team inti, yaitu sebagai Petugas Pengerek Bendera Pusaka. “Alhamdulillah saya dipercaya jadi pengerek bendera,” tutur pria kelahiran Brebes 3 Juni 1998.

Toro menceritakan, dirinya masuk ke Provinsi setelah melewati jenjang tingkat Kabupaten. Dikarenakan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan akhirnya mengikuti seleksi tingkat Jawa Tengah. Dia memiliki keunggulan antara lain memiliki tinggi dan berat badan ideal yakni tinggi badan 172 Cm, dan Berat Badan 68 kg.

Toro hanyalah anak seorang nelayan di Desa Kluwut. Dia anak pasangan dari Toyib dan Sudiroh yang hidupnya sederhana. Dengan prestasi tersebut Toro mengaku bangga karena bisa bersalaman dengan Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo SH dan menjadi pusat perhatian pada upacara detik-detik Kemerdekaan tingkat Jateng.

Toro menceritakan, di Semarang, hampir setengah bulan Toro dikarantina untuk menjalani pelatihan tepatnya tanggal 4-16 Agustus namun di Semarang sampai 19 Agustus 2014. Selama menjalani pelatihan, Toro lebih banyak di gembleng GOR Jatidiri Semarang, mulai jam 04.00 sampai 19.00 wib setiap harinya.

Namun dia mengaku selama karantina sangat senang karena mendapat ilmu dan pengetahuan, dan teman-teman dari seluruh Kab dan Kota  di Propinsi Jawa Tengah. “Saya senang bisa diutus menjadi perwakilan Brebes,” tuturnya.

Siswa yang bercita-cita ingin menjadi seorang Polisi tersebut juga aktif di kegiatan Ekstrakurikuler Sepak takraw. “Meskipun sibuk, nilai akademiknya sangat bagus terbukti menempati rangking 2 di  kelas XI NKPI,” kata pembina pendamping Wihanto, SPi.

Kepala SMK N 1 Bulakamba, Slamet Riyadi, M.Pd  mengatakan, dengan prestasi yang ditorehkan anak didiknya mengapresiasi dengan sepenuh hati. Slamet terus mendorong kepada siswa lainnya untuk meniru jejak Toro.

Slamet menambahkan, selain Toro, sebanyak tiga Siwa dan siswi SMk Negeri 1 Bulakamba juga menjadi Petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Brebes. Mereka adalalah Alimudin dari kelas XI NKPI, Amilatun Nazilah (XI ATPH) dan Jumaedi Fajar Alimi (XI TAV 1),

“Bahkan Jumaedi juga menjadi pembawa Baki pada Peringatan HUT RI ke 69 di Kabupaten Brebes,” tuturnya.

Selain Keempat siswa siswi  tersebut sebanyak 48 delapan siswa dan siswi SMK Negeri 1 Bulakamba juga menjadi satu pasukan penuh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Tingkat Kecamatan Bulakamba.

“Di sekolah pun ketika Upacara Bendera 17 Agustus 2014 juga tetap menampilkan Formasi khusus pasukan 8, 17 dan 45,” tandasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita