Jumat, 21/11/2014, 05:10:31
Ketua Kwarcab Lepas Kontingen Kemah Kebangsaan
Laporan Takwo Heriyanto

Ketua Kwarcab Pramuka Brebes melepas Kontingen Kemah Kebangsaan (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Gerakan Pramuka Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), H Emastoni Ezam SH MH melepas Kontingen Kemah Kebangsaan, di halaman Dinas Pendidikan setempat, Kamis 20 November malam.

Kemah kebangsaan ini diadakan dalam rangka peringatan hari pahlawan nasional tingkat Jateng 2014. Kemah digelar di Bumi Perkemahan Rindam Yon Armed 3 kota Magelang Jateng yang berlangsung 21-23 November.

Dalam kesempatan itu, Emastoni meminta kepada generasi muda agar jiwa dan semangat nasionalisme tidak luntur. Sebab, dengan nasionalisme yang tinggi maka NKRI masih tetap tegak berdiri kokoh. Jiwa nasionalisme, kata Kak Ton-demikian panggilan akrabnya-, bisa terlihat ketika mengemban misi perlombaan ataupun kegiatan keluar daerah dengan memperjuangkan daerahnya. Dalam artian, bertekad baja membawa nama harum daerah.

“Nasionalisme seseorang juga bisa terlihat ketika mampu menjaga nama baik Brebes di luar daerah dengan perilaku yang santun dan menorehkan prestasi yang gemilang,” tuturnya.

Menurutnya, dalam kegiatan itu, peserta bakal mendapatkan materi dan kegiatan bagaimana langkah untuk meningkatkan semangat nasionalisme. "Kita melihat semangat nasionalisme, kesetiakawanan sosial dari hari ke hari semakin memudar. Konflik sosial, tawuran pelajar, konflik pilkada sering terjadi," katanya.

Kondisi tersebutlanjutnya, sangat memprihatinkan, melalui kemah kebangsaan para pemuda bisa menjadi pelopor perdamaian minimal di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.

"Saya yakin dengan kemah ini bisa meningkatkan semangat saling menyayangi, menghormati dan patriotisme. Tidak cukup hanya belajar untuk mengasah kecerdasan intelektual saja. Tetapi dibutuhkan kecerdasan emosional untuk mengasah kepekaan hati" ucap Toni.

Pimpinan Kontingen Tarjono menambahkan, kemah nasionalisme juga diisi dengan lomba mendongeng jasa pahlawan, PBB, tari daerah, LLC Kebangsaan, Vokal Group, Pemilihan Putra Putri Kebangsaan dan lain-lain. “Kontingen Brebes akan membawakan tari daerah berjudul Puspanagari,” paparnya.

Kontingen Brebes berasal dari siswa-siswa SMP Negeri 1 Brebes, SMP N 2 Brebes, SMA N 1 Brebes dan SMA N 2 Brebes. “Ada 25 personil termasuk Pembina pendamping event tersebut,” imbuhnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita