Jumat, 06/03/2015, 06:29:30
Songsong MEA, Forum UMKM Brebes Terbentuk
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Dengan diprakarsai Dinas Koperasi dan Usaha Mikri Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes, akhirnya terbentuk forum UMKM Kabupaten Brebes. Forum yang beranggotakan para pelaku UMKM dari berbagai usaha di Kabupaten Brebes, diharapkan bisa memajukan UMKM, sehingga bisa maju dan usahanya bisa merambah ke berbagai daerah di Indonesia.

Secara aklamasi, Tarmidzi, pelaku UMKM yang memiliki usaha produksi kacang bawang di desa Klikiran Kecamatan Jatibarang ditunjuk sebagai Ketua Forum. Kesepakatan tersebut tercapai pada rapat pembentukan forum di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Brebes Jalan Veteran Brebes, Jumat 6 Maret 2015. Sementara sekretaris di jabat Widiyawati dari kelompok rumput laut Teratai dan Bendahara dipercayakan kepada H Komarudin pemilik HTM Telur asin.

Forum ini, kata Tarmidzi, mewadahi seluruh UMKM di Kabupaten Brebes yang wilayahnya membentang dari pantura, tengah hingga wilayah selatan. Untuk mempermudah koordinasi dengan cakupan wilayah yang luas, maka disepakati dibentuk koordinator wilayah dengan pembagian zona. Zona selatan meliputi wilayah Kecamatan Paguyangan, Bumiayu, Bantarkawung, Tonjong, dan Sirampog di bawah koordinasi Abdullah SPd.

Kemudian Zona tengah, meliputi Kecamatan Songgom, Larangan, Ketanggungan, Kersana, Banjarharjo, dan Salem di bawah koordinasi Ahmad Faozi. Dan zona utara meliputi wilayah Kecamatan Jatibarang, Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari di bawah koordinasi H Karyanto.

Forum ini dilengkapi dengan bidang Pemasaran yang digawangi Sobirin (pemilik KUB Cipluk), Bidang Peningkatan SDM Teguh Santoso dan Encang Sudrajat. Bidang bidang produksi Nur Khalim dan bidang Humas dan Advokasi Mobinta Kusuma (pemilik Sari Jahe) dan Siswo (pengusaha Batik Salem).

Forum ini, lanjut Tarmidzi, bertujuan memiliki UMKM berdaya saing tinggi dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Dalam waktu dekat, kami akan menyusun program kerja dan langkah-langkah strategis yang nyata,” terangnya.

Harapan ke depan,lanjutnya, forum ini mampu menjadi wadah koordinasi, sharing dan silaturrahim bagi para pelaku UMKM dalam pengembangan dunia usaha yang digeluti.

Melalui forum ini, diharapkan Brebes memiliki UMKM Center yang bisa menjadi tempat semacam showroom semua produk UMKM di Kabupaten Brebes. Acara dibuka Sekretaris Dinkop UMKM Rokhidin SE yang selanjutnya dipandu oleh Kabid UMKM Nani Nuryati.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita