Kamis, 26/03/2015, 08:11:40
Embung Bekas Aliran Sungai Pemali Jadi Tempat Wisata
Laporan Takwo Heriyanto

Bupati Brebes menabur benih ikan nila di bekas aliran sungai Pemali yang kini jadi embung (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Harapan masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di wilayah perkotaan akan tempat wisata air mendapat angin segar. Hal ini diungkapkan Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE ketika menabur 20 ribu benih ikan nila di bekas aliran sungai Pemali yang kini menjadi embung di Desa Siasem Pulo, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Kamis 26 Maret 2015.

Turut hadir sejumlah SKPD terkait dan tokoh masyarakat sekitar yanh ikut menebar benih ikan bersama Bupati. Diketahui, Bekas aliran sungai Pemali sepanjang sekitar 3 hektar yang terletak antara perbatasan antara kecamatan Wanasari dengan Brebes, ini sudah belasan tahun menjadi embung alami dan digunakan warga untuk memelihara ikan.

Melihat potensi yang ada, masyarakat sekitar berinisiatif membuat kolam panjing besar memanfaatkan genangan air yang ada. Lambat laun, antusias penghobi mancing meningkat dan diadakan tebar benih setiap tahun oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes yang melihat langsung bekas aliran sungai Pemali yang belum digarap ini memunculkan ide untuk dijadikan destinasi wisata air perkotaan di Kabupaten Brebes.

“Pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang pembangunan wisata air perkotaan ini akan dibahas secepatnya dan tahun 2016 sudah bisa dimulai pengerjaannya”, terang Bupati.

Diantaranya pembangunan gazebo, becak air, jalan tembus, lahan parkir dan sebagainya. Tanggapan positif juga dating dari Anggota Dewan yang ikut hadir. Langkah yang akan dilakukan segera adalah koordinasi dengan PSDA Provinsi Jawa Tengah untuk dilakukan pengerukan dan normalisasi bekas aliran sungai Pemali agar aman dan nyaman digunakan untuk tempat wisata.

Selain pengerukan dan normalisasi, Pemkab Brebes akan membahas kemungkinan dibuatkannya jalan tembus dari alun-alun kota menuju lokasi wisata yang akan melalui beberapa rumah warga di Kampung Kauman Brebes.

Bupati mengharap masyarakat sabar dan mendukung rencana ini. Karena akan meningkatkan kesejahteraan khususnya masyarakat sekitar dan Kabupaten Brebes pada umumnya.

Kadis, seorang warga Siasem Pulo bersama warga lain ikut serta menjaga kelestarian alam sekitar Daerah bekas aliran sungai Pemali dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di lokasi.

“Saya sangat mendukung rencana Bupati untuk menjadikan bekas aliran sungai Pemali sebagai tempat wisata air bagi masyarakat kota Brebes,” pungkasnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita