Kamis, 02/07/2015, 07:28:24
Ulama Muda NU Tahlil Doakan Korban Hercules
Laporan Takwo Heriyanto

Ulama muda NU dan PMII Cabang Brebes menggelar tahlil dan doa bersama (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Kecelakaan pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara Hercules C-130 yang jatuh jatuh di Medan, Selasa 30 Juni 2015 di daerah permukiman menjadi keprihatinan bersama. Termasuk puluhan ulama muda NU yang tergabung dalam Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manuasia (Lakpesdam) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Brebes menggelar tahlil dan doa bersama.

“Kami turut berduka cita kepada seluruh korban jatuhnya pesawat Hercules, semoga keluarga kroban diberi kesabaran dan ketabahan atas musibah ini,” tutur Ketua PC Lakpesdam NU, M Riza Pahlevi usai memimpin tahlil dan doa bersama di Gedung NU Jalan Yos Sudarso Brebes.

Reza menjelaskan, keperihatinan dipanjatkan para ulama muda sebagai bentuk rasa kebersamaan dalam suka maupun duka sebagai warga Indonesia. Apalagi di saat puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya sebagai hari yang istimewa bagi umat Islam.

“Sudah seharusnya kita memanjatkan doa pada para korban bencana Herkules,” ucapnya.Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib, isya dan taraweh berjamaah.

Ketua Lesbumi PC NU Kota Tegal, Drs Atmo Tan Sidik menyampaikan mauidlatul khasanah sebagai pengantar berbuka puasa. Dalam tausiyahnya, hendaknya semua hikmah dibalik musibah. Karena perintah Rosulullah orang harus banyak mengingat kematian. Dengan mengingat banyak kematian, maka orang cenderung akan berahklakul karimah.

“Siapapun, akan dimintai pertanggungjawabannya selesai kematian,” terang Atmo yang juga Kabag Humas Setda Brebes.

Sang Maestro Pelestari Budaya Pantura itu mengingatkan, bahwa di dalam Al Quran secara tegas dinyatakan cukuplah kematian sebagai nasehat atau pelajaran. “Semoga mereka sahid karena mereka terbentur benda keras dan kematiannya di bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembentukan pengurus Ikatan Keluiarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII). Terpilih sebagai Ketua Drs Chaerul Umam, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita