Minggu, 26/07/2015, 11:29:16
Warga Pamulihan Minta Bangun Sarana Air Bersih
Laporan Takwo Heriyanto

Halal bi Halal karo Ngrungokna Kekarepane Warga bersama anggota DPR-RI Damayanti Wisnu Putranti (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Warga Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, meminta pemerintah segera membangun sarana air bersih di wilayah desanya, karena warga kerap mengalami krisis air bersih saat musim kemarau. Mereka juga meminta jalan di wilayahnya segera diperbaiki. Selain kondisinya rusak parah, juga menyebabkan warga terhambat beraktifitas.

Permintaan itu disampaikan warga saat acara Halal bi Halal karo Ngrungokna Kekarepane Warga bersama anggota DPR-RI Damayanti Wisnu Putranti, di salah satu rumah warga, Sabtu 25 Juli 2015 malam.

"Kami minta jalan di desa kami segera diperbaiki, bisa dilihat langsung kondisinya rusak parah. Ini membuat aktivitas warga terhambat. Tak hanya itu, kami juga meminta adanya sarana air bersih karena desa kami kerap kekeringan. Kemudian, adanya pembangunan MCK," ungkap Sunardi, Ketua RT 04 Desa Pamulihan.

Menanggapi permintaan warga itu, Anggota DPR Damayanti Wisnu Putranti mengatakan, jalan di Desa Pamulihan kondisinya memang rusak parah. Namun demikian, untuk bantuan perbaikan jalan desa melalui anggaran pusat yang bersumber dari APBN tidak bisa langsung turun ke desa. Dana itu hanya bisa turun melalui bantuan dana desa. Hal tersebut karena memang sudah ada tata aturannya.

"Melalui dana desa itulah masyarakat bisa menata desanya, termasuk digunakan untuk perbaikan jalan. Hingga saat ini, dana desa memang belum turun secara maksimal, tetapi kami harapkan bisa digunakan dengan mengacu skala prioritas," ujarnya.

Anggota DPR dari fraksi PDIP itu lebih lanjut mengatakan, untuk masalah pihaknya akan berupaya membantu karena memang di pusat melalui APBN ada program untuk air baku pedesaan dan sumur dalam. Program itu ditangani oleh Ditjen Sumber Daya Air dan lembaga itu merupakan bagian dari mintra kerja di komisinya.

Begitu pula untuk masalah MCK, pihaknya akan membantu agar permintaan warga bisa direalisasikan. Sebab, memang ada program di pusat untuk kegiatan tersebut. Yakni di Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Masalah air bersih dan MCK ini akan menjadi prioritas saya agar secepatnya bisa direalisasikan karena bantuannya bisa langsung turun ke desa. Sedangkan, untuk jalan alokasinya masuk dalam dana desa," terang Anggota Komisi V DPR tersebut.

Acara tersebut selain dihadiri sekitar 300 orang warga Desa Pamulihan, juga Bupati Brebes Idza Priyanti. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Brebes, Tahroni. Kemudian, Kabag Perekonomian Setda Pemkab Brebes Daan Susanto dan Camat Larangan Zakaria.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita