Rabu, 29/07/2015, 06:52:04
Jumlah Guru PNS di Bumiayu Terus Berkurang
Laporan Zaenal Muttaqin

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Jumlah guru PNS di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kini makin berkurang seiring dengan banyak yang pensiun. Sementara untuk pengangkatan guru PNS baru sangat sedikit. Kondisi berkurangnya guru PNS ini dikawatirkan akan mempengaruhi kualitas pendidikan.

"Sekarang guru PNS di wilayah kerja UPTD Bumiayu berjumlah 310 orang dan jumlah ini akan berkurang karena akan ada beberapa yang memasuki masa pensiun," ungkap Ketua PGRI Cabang Kecamatan Bumiayu, Rokhim MPd saat menyampaikan sambutan pada acara Halal Bihalal PGRI, Selasa 28 Juli 2015 di Gedung Pendopo II Bumiayu.

Menurutnya, untuk suksesnya pendidikan setiap Sekolah Dasar (SD) diperlukan 8 sampai 10 guru PNS. Jumlah tersebut terdiri 6 guru kelas dan guru pelajaran khusus seperti Olahraga, Muatan Lokal, Agama dan Kepala Sekolah.

Tetapi di Kecamatan Bumiayu yang terdiri dari 53 SD Negeri dan 4 SD Swasta, hanya memiliki 310 guru PNS, sehingga rata-rata hanya ada 3-4 guru PNS tiap SD. "Padahal semestinya dibutuhkan minimal 400 guru PNS," kata Rokhim.

Dikatakan, kekurangan guru PNS tersebut selama ini diisi oleh guru GTT dan PTT yang mengabdi di beberapa SD. Keberadaan GTT dan PTT ini sangat membantu, namun kondisinya memperihatinkan karena honornya sangat minim.

"Umumnya mereka hanya mendapatkan honor sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu, jumlah yang sangat minim dan tidak sebanding dengan guru PNS yang sebagian juga menerima sertifikasi," terang Rokhim.

Melihat kondisi yang memperihatinkan tersebut, para anggota DPRD Brebes diharapkan untuk peduli dan membantu memperjuangkan nasib para GTT dan PTT itu. Diharapkan ada pengangkatan K2 di Kabupaten Brebes lebih diprioritaskan untuk kebutuhan tenaga guru atau pengajar.

"Masalah pendidikan itu sangat mendasar dan prioritas karenanya mesti mendapat perhatian yang prioritas pula," tegas Rohim.

Sementara itu, Ketua PGRI Kanbupaten Brebes, Drs Tarsono Hendri yang hadir pada acara Halal Bihalal itu mengatakan, kebutuhan guru PNS merupakan kebutuhan nasional. Untuk Kabupaten Brebes kini hanya ada sekitar 6000 guru dan kekurangannya masih sekitar 4000 sampai 5000 lagi.

"Kami khawatir kekurangan guru PNS akan menjadi bom waktu, karena pada tahun 2020 mendatang akan ada pensiun masal di mana banyak guru PNS yang akan purna tugas," katanya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita