Kamis, 26/11/2015, 06:51:05
Kelompok Usaha Ekonomi Perempuan Dapat Pelatihan
Laporan Zaenal Muttaqin

Bupati Brebes dan Kabid PUG KHA BKBPP memotivasi peserta pelatihan usaha ekonomi perempuan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dalam upaya meningkatkan kesejateraan dan perekonomian perempuan, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan bagi kelompok usaha ekonomi perempuan di Kecamatan Bantarkawung. Sebanyak 10 kelompok usaha ekonomi perempuan ikut serta pada kegiatan selama sehari yang digelar di Balai Desa Bantarkawung, Kamis 26 November 2015.

Kepala Bidang (Kabid) Pengarusutamaan Gender dan Kualitas Hidup Anak (PUG KHA) BKBPP Kabupaten Brebes, Dra Hj Farikha mengatakan, pelatihan diberikan bagi kelompok usaha ekonomi perempuan untuk meningkatkan keterampilannya dalam berwirausaha. Pelatihan meliputi keterampilan membuat jajanan dan juga cara pemasaraannya.

"Keterampilan membuat jajan diberikan juga cara memasarkan ke konsumen," katanya.

Menurutnya, keberdayaan perempuan di bidang ekonomi adalah salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan. Saat perempuan menjadi kaum terdidik, mempunyai hak-hak kepemilikan, dan memiliki keterampilan berwirausaha serta mempunyai pendapatan mandiri, inilah tanda kesejahteraan rumah tangga meningkat. Karenanya Pemkab Brebes melalui BKBPP terus berupaya untuk memberikan pelatihan dan keterampilan berwirausaha bagi perempuan.

"Ketika perempuan mampu mandiri dan memiliki usaha yang baik, itu tandanya kesejahteraan akan meningkat," tutur Farikha.

Dikatakan, selain memberikan pelatihan keterampilan, BKBPP juga meberikan bantuan untuk 10 kelompok usaha ekonomi perempuan di Kecamatan Bantarkawung. Bantuan berupa kompor gas dan alat oven serta cetakan kue untuk masing-masing kelompok.

"Bantuan peralatan seperti kompor gas dan oven serta cetakan kue sebagai bentuk apresiasi Pemkab Brebes agar usaha ekonomi perempuan terus maju," kata Farikha.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE yang hadir pada acara pelatihan itu dan secara simbolis menyerahkan bantuan pada kelompok usaha ekonomi perempuan itu, mengajak kepada kaum perempuan untuk meningkatkan kemandiriannya dan kewirausahaan. Keterampilan dan ilmu pengetahuan menjadi sarat utama yang harus dimiliki oleh kaum perempuan agar dapat mandiri.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kaum perempuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya, karena itu ikuti setiap materi yang diberikan oleh para pelatihnya," katanya.

Pemkab Brebes melalui dinas terkait juga akan terus mendorong kewirausahaan ekonomi perempuan untuk dapat bersaing dan maju. Bantuan dalam bentuk peralatan dan juga pemberian pelatihan merupakan salah satu bukti dari perhatian itu.

"Usaha ekonomi perempuan perlu penguatan, karena itu Pemkab akan terus memberikan dukungan dan juga bantuan pelatihan," tandas Idza.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita