Senin, 23/05/2016, 07:27:47
Baru Tiga Hari, Bupati Rombak Lagi Pejabat Eselon
Laporan Takwo Heriyanto

Bupati Brebes melaintik 69 pejabat eselon II dan III di pendopo kabupaten (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Pada tiga hari yang lalu, atau tepatnya Jumat 20 Mei 2016, Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj. Idza Priyanti SE, melantik lima pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Brebes.

Kini, orang nomor satu di Kabupaten Brebes itu, kembali melakukan perombakan di jajaran birokrasinya. Ada sebanyak 69 pejabat eselon II dan III yang dimutasi, maupun promosi pada saat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Brebes Februari 2017 mendatang.

Pergeseran yang digelar di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin 23 Mei 2016 ini, tertuang dalam SK Nomor 821.2/ 327 Tahun 2016, perihal pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan struktural eselon III, IV dan jabatan fungsional di lingkungan Pemkab Brebes.

Dari SK Bupati Brebes tersebut, beberapa pejabat eselon III yang diganti ataupun digeser, diantaranya Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Brebes yang dijabat Yuta Sugiharti, SH, digantikan Ratnawati, S.Sos dari Kepala Pembantu Bidang Pembangunan Inspektorat Kabupaten Brebes.

Yuta Sugiharti yang menjabat sebagai Kabag Humas sejak 16 oktober 2015 tersebut, kini menempati jabatan barunya sebagai Kepala Bagian Hukum Setda Brebes, menggantikan Suhintoro, SH yang kini dipercaya menjadi Kepala Pembantu Bidang pembangunan Inspektorat Kabupaten Brebes.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) yang semula dijabat Nono Nartono, diganti Khozanah yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK). Sedangkan Nono Nartono mengisi jabatan yang ditinggalkan Khozanah.

Kemudian, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Brebes yang semula dijabat Triwulan Purnamaningsih, diganti Slamet Arjono yang semula menjabat Kepala Bagian Keuangan RSUD Brebes. Sedangkan Triwulan Purnamaningsih sekarang menduduki jabatan Sekretaris DPPK.

Selanjutnya, Kapala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TARU) yang semula dijabat Sutaryono, digantikan Abdul Ghofir yang sebelumnya menjabat Kasi PPNS, Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP. Sedangkan Sutaryono mendapat tugas baru sebagai Sekretaris DPU TARU menggantikan Erlinawati yang kini menjadi Sekretaris Dinas Peternakan. Jabatan yang ditinggalkan Abdul Ghofir diisi Sujadi yang sebelumnya sebagai Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Brebes.

Pergeseran juga terjadi di posisi sejumlah Sekretaris Camat (Sekcam). Diantaranya, Ujang Wahyu yang semula menjabat Sekcam Larangan dipindah menjadi Sekcam Salem. Jabatan yang ditinggalkan digantikan Rohman yang semula menjabat Sekcam Paguyangan. Sedangkan Sekcam Paguyangan kini dijabat Darto yang semula menjabat Sekcam Bumiayu.

Jabatan Sekcam Bumiayu diisi Eko Purwanto yang sebelumnya sebagai Sekcam Sirampog. Jabatan Sekcam Sirampog kini digantikan Eddy Mulyani yang semula sebagai Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Di eselon IV beberapa yang dimutasi di antaranya, Kasubag Hukum sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes Luki Purwantoro dipindah sebagai Kasi Penertiban, Patroli dan Pengawalan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatikan.

Sedangkan jabatan yang ditinggalkan tidak isi sementara waktu atau dibiarkan kosong. Kasubag Umum Sekretariat KPU Khikmahwati juga dipindah sebagai Kasi Pertanian Dinas Koperasi dan UMKM, dan jabatan yang ditinggalkan juga dibiarkan kosong sementara waktu.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, pergeseran pejabat eselon III dan IV itu tidak ada kaitannya dengan proses Pilkada, yang akan dilaksanakan Kabupaten Brebes tahun 2017 mendatang. Tetapi, semua itu murni untuk peningkatan kinerja birokrasi di Pemkab Brebes.

"Ini tidak ada kaitanya dengan Pilkada. Kalau promosi berati ada posisi yang kosong dan harus diisi. Kalau mutasi berarti untuk penyegaraan," tegasnya.

Dia menjelaskan, bahwa mutasi dan rotasi jabatan itu merupakan hal yang wajar dan dilaksanakan sesuai aturan. Hal itu bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Selain itu, merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai. Terutama, untuk memberikan penyegaran dan peningkatan kinerja dalam birokrasi Pemkab Brebes agar lebih Baik.

"Kami berharap seluruh pejabat yang telah dilantik ini dapat cepat menyesuaikan diri dan menunjukan kualitasnya dengan bekerja lebih baik," paparnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita