Jumat, 22/07/2016, 03:03:28
Hari LH se-Dunia, Bupati Bersih-Bersih Pantai
Laporan Takwo Heriyanto

Bupati Brebes dan para pejabat lainnya serta warga melakukan bersih-bersih pantai di Parin (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Peresmian taman keaneka ragaman hayati dan pelepasan ke alam bebas ratusan burung, menandai Peringatan Hari Lingkungan Hidup (LH) Se-Dunia tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Selain itu, penanaman pohon dan bersih-bersih pantai, juga dilakukan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Obyek Wisata (OW) Pantai Rangdusanga Indah (Parin) Kabupaten Brebes, Jumat 22 Juli 2016.

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Brebes, Kapolres Brebes,  Forkompimda Kabupaten Brebes, Kepala SKPD serta Pelajar tersebut didahului dengan Upacara yang dilanjutkan peresmian taman keaneka ragaman hayati, pelepasan ratusan burung, penanaman pohon dan bersih-bersih pantai yang kemudian ditutup dengan kegiatan sarapan pagi bersama seluruh peserta yang hadir.

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan Indonesia adalah rumah dari keaneka ragaman hayati.

Dimana, dari 17 persen total spesies yang ada di dunia ada di Indonesia, yaitu sebanyak 35 ribu - 40 ribu spesies tumbuhan (11-15 persen), 707 spesies mamalia (12 persen), 350 spesies amphibi dan reptile, 1.602 spesies burung (17 persen), 2.184 spesies ikan air tawar (37 persen)

Menurut Siti, banyak persoalan yang dihadapi Indonesia dalam keanekaragaman hayati. “Sebagian besar spesies diketahui menghadapi ancaman kepunahan, karena perusakan habitat dan perburuan,” ujar dia.

Oleh karena itu, menurut Siti Nurbaya, kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia saat ini  harus dilindungi keberadaanya, sehingga ancaman kepunahan yang lebih besar dapat di hindari.

Sementara itu Kepala Kantor Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Brebes, Edi Kusmartono mengatakan, sesuai dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia tahun 2016 yaitu “Go Wild for Life”. 

Maka Kabupaten Brebes sendiri memperingatinya dengan peresmian taman keanekaragaman hayati, pelepasan aneka jenis burung ke alam bebas, penanaman pohon dan bersih-bersih pantai.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mencegah terjadinya kepunahan spesies satwa yang ada di Kabupaten Brebes," tandasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita