Jumat, 19/08/2016, 05:36:43
Meriahkan HUT RI, Desa Kaliwadas Gelar Karnaval
Laporan Zaenal Muttaqin

Kelompok kesenian tradisional ikut ambil bagian pada karnaval HUT RI di Desa Kaliwadas (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke – 71, Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar pawai karnaval, Jumat 19 Agustus 2016.

.
Kepala Desa Kaliwadas, Casman SH mengatakan, kegiatan karnaval merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan pengitana HUT RI yang secara rutin digelar desa tiap tahun. "Kegiatan ini rutin digelar tiap tahun dan selalu meriah serta bertambah pesertanya tiap tahun," ujarnya.

Pada kegiatan karnaval itu peserta yang umumnya dalam bentuk grup atau rombongan melakukan arak-arakan berjalan kaki dengan menggunakan kostum yang menggambarkan adat dan budaya lokal maupun nasional atau pakaian adat dan juga pakaian ala pejuang.

“Karnaval ini juga bertujuan untuk menanamkan semangat selalu cinta tanah air dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara, serta melestarikan semangat Bhineka Tunggal Ika”, kata Casman.

Karnaval kali ini diikuti oleh 65 peserta yang terdiri dari kelompok masyarakat, lembaga pendidikan mulai dari Paud, TK, SD, SMP hingga SMK yang ada di Desa Kaliwadas. tidak tertinggal pula kelompok usaha yang ada di desa penghasil kerajianan rebana tersebut.

“Karnaval juga menjadi ajang informasi pembangunan desa dan kreativitas masyarakat serta kelompok usaha,” ungkap Casman pula.

Karnaval dimulai pada pukul 13.00 WIB, berlangsung meriah dan lancar bahkan terlihat ada sebagian orang yang menonton acara tapi tidak bisa menyaksikan dengan jelas karena banyaknya masyarakat yang hadir.

Pawai karnaval yang mengambil jalur jalan provinsi ruas Bumiayu-Bantarkawung ini juga sempat membuat arus lalu lintas tersendat. Meski begitu, berkat kerja keras petugas dari Polsek Bumiayu dan Linmas Desa Kaliwadas, kendaraan dari dua arah tetap dapat melintas.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita