Kamis, 26/01/2017, 06:29:05
Lomba Tumpeng Budayakan Makanan Berimbang
Laporan Zaenal Muttaqin

Salah satu KPM PKH peserta lomba tumpeng sibuk menghias tumpengnya (Foto: Akm/Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Peringati hari jadi Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang ke 339 kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) se-Kecamatan Paguyangan, mengikuti lomba menghias tumpeng, Kamis 26 Januari 2017.

Kordinator PKH Kecamatan Paguyangan, Akmari menuturkan, lomba menghias tumpeng diselenggarakan sebagai upaya untuk melestarikan tradisi, khususnya membuat tumpeng bagi para ibu. "Sekaligus meriahkan hari jadi Brebes ke 339 kita gelar lomba tumpeng," ujarnya.

Melalui lomba tumpeng juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahim antar kelompok. Melalui lomba tersebut diharapkan akan saling berbagi pengalaman atau saling menimba pengetahuan dan tukar informasi.

"Adanya lomba tumpeng dapat saling bertemu untuk berbagi sekaligus menambah keakraban," kata Akmari.

Ketua panitia lomba, Muamar Husni Mubarok mengatakan, kegiatan untuk meriahkan hari jadi Brebes sudah berjalan tiap tahun. Selain beberapa kegiatan tak ketinggala pula lomba tumpeng.

Lomba tumpeng sebagai bentuk penerapan pengetahuan dalam masalah gizi makanan baik untuk dikonsumsi. Sekaligus memasyarakatkan makanan-makan yang bernilai gizi dan baik untuk kesehatan bagi masyarakat.

"Lomba tumpeng melibatkan petugas gizi dari Puskesmas, Dinas Sosial dan juga Tim Penggerak PKK," kata Muamar.

Penilaian lomba tumpeng meliputi kreasi, cipta rasa dan cara atau bentuk penyajian yang harus dilanakan dalam waktu 60 menit.

Akhirnya dari hasil penilaian dewan juri, juara I diraih oleh KPM dari Desa Wanatirta, juara II KPM Desa Winduaji dan juara III KPM dari Desa Paguyangan. Para juara mendapatkan hadiah trophy dan piagam penghargaan serta sejumlah uang pembinaan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Paguyangan, Ny Eny Ahmad Hermanto berharap, lomba tumpeng dapat diambil manfaatnya oleh peserta untuk meningkatkan pengetahuan. Terutama masalah pentingnya mengkonsumsi makanan beragam dan juga kreativitas pengolahannya.

"Perlu untuk membangun budaya keluarga dalam mengkonsumsi aneka ragam jenis olahan pangan dengan porsi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh yang memanfaatkan hasil pertanian produk lokal yang cukup terjangkau," kata Ny Eni berpesan saat memberikan sambutan di acara lomba tumpeng tersebut. (Akm)



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita