Rabu, 24/05/2017, 11:25:57
Dewi Aryani Salurkan Bantuan Traktor Ke Petani
Laporan SL Gaharu

Dewi Aryani (jilbab hitan) saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada petani Kabupaten Tegal (Foto: Erin)

PanturaNews (Tegal) - Sedikitnya 14 kelompok tani di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI, melalui program jaring aspirasi rakyat oleh Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj. DR. Dewi Aryani, MSi, Rabu 24 Mei 2017 siang.

Penyerahan bantuan berupa masing-masing traktor dan pompa air tersebut, diserahkan oleh Dewi Aryani yang didampingi langsung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Ir. Khofifah dan Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, H. Hutri Agus Mardiko, SH.

“Bantuan pemerintah berupa traktor dan pompa air yang diterima oleh masing-masing Kelompok Tani, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya untuk meningkatkan efektivitas kinerja pertanian dan kesejahteraan petani, khususnya petani di Kabupaten Tegal,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr. Penyerahan bantuan dihadiri pengurus UPTD dan para Kepala Desa.

Dikatakan politisi dari Dapil Jawa Tengah 9 (Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal) ini, program ini adalah program Kementerian Pertanian dengan menyalurkan berbagai bantuan kepada petani yang tersebar di seluruh daerah.

“Langkah pemerintah ini, selain untuk mendukung kedaulatan pangan juga diharapkan agar mampu meningkatkan produktivitas petani menjadi lebih baik,” tutur Dear yang juga Ketua Bidang Kerjasama Internasional Dewan Pengurus Nasional (DPN) Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI).

“Pemberian bantuan alsintan ini bertujuan untuk menurunkan ongkos penggarapan, dan mendorong peningkatan hasil panen petani. Alat pertanian ini agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga bisa mendukung program pemerintah tentang ketersediaan pangan,” pinta Dear.

Diterangkan Dear, pada tahun 2010 Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah yang memperoleh penghargaan dari Presiden RI, atas keberhasilannya dalam meningkatkan produksi padi/gabah yang mencapai 368.458,57 ton gabah, dan pada tahun 2016 mengalami penurunan yaitu 317.821,16 ton. Selain padi, komoditas jagung juga merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Tegal.

Sebagai Pengurus Departemen Kerakyatan DPP PDI Perjuangan, Dear menegaskan sinergitas program pemerintah dengan DPR RI, harus diimplementasikan melalui jaring aspirasi rakyat oleh anggota DPR RI di daerah pemilihannya. Hal itu supaya tujuan pemerintah, khususnya dalam konteks ini mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan sehingga mensejahterakan petani.

“Petani harus diberikan kemudahan dalam segala hal oleh pemerintah, karena Bung Karno, Bapak Bangsa Indonesia mengingatkan dalam singkatan kata PETANI itu sendiri, berarti Penyangga Tatanan Negara Indonesia," tutur Dear disela penyerahan bantuan.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita