Jumat, 02/06/2017, 02:35:14
Ketua MUI: Radikalisme Mengancam Keutuhan NKRI
Laporan Tim PanturaNews

KH Abu Chaer Annur menerima tumpeng dari , H Edy Suripno saat Saresehan hari lahir Pancasila (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Gerakan kelompok radikalisme yang akhir-akhir ini terus menerus membombardir Indonesia melalui aksi terror dan pengeboman, merupakan tindakan para pengecut yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI).

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tegal, Jawa Tengah, KH Abu Chaer Annur dalam ceramahnya saat saresehan peringatan hari lahir Pancasila di aula DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, Kamis  1 Juni 2017 malam.

Menurut Abu Chaer Annur, tujuan kelompok radikalisme yang ada di Indonesia dan Negara-negara lain di dunia memiliki kesamaan, yaitu ingin mengubah tatanan pemerintahan dan  social masyarakat yang sudah ada dengan cara kekerasan.

“Kelompok radikal ini mengkalaim bahwa tindakannya sudah benar dan sesuai dengan tuntunan agama, khususnya bagi kelompok radikal muslim. Mereka beranggapan bahwa tatanan pemerintahan dan tatanan masyarakat yang ada saat ini dianggap kafir dan halal darahnya bagi mereka. Oleh karena itulah mereka selalu mengunakan cara kekerasan melalui pengeboman. Hal itu karena mereka beranggapan bahwa pemerintahan yang paling benar adalah khilafah dengan pimpinannya disebut khalifah,” kata Abu Chaer Annur.

Lebih jauh dikatakan, bahwa tindakan-tindakan kelompok radikalisme tersebut setiap hari selalu merongrong kewibawaan dan martabat bangsa yang saat ini sudah damai dalam bingkai Pancasila. “Untuk menekan gerakan kelompok radikalisme hanya ada dua cara, yaitu secara konstitusi dan peranan ulama,” jelasnya.

Abu Chaer Annur menambahkan, bahwa mempertahankan Pancasila bukan hanya menjadi tanggung jawab kader partai politik. Sebab persoalan Pancasila merupakan persoalan bangsa. Maka, sudah selayaknya sebagai bangsa Indonesia dari manapun kelompoknya, harus menjaga dan melesatrikan Pancasila.

Saresehan peringatan Hari Lahir Pancasila itu ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H Edy Suripno SH,MH yang kemudian diserahkan kepada Ketua MUI Kota Tegal KH Abu Chaer Annur BA.

Sebelumnya, pada hari yang sama pukul 16;00 WIB lebih dulu digelar Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 72 di halaman seekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Tegal yang diikuti oleh jajaran structural PDI Perjuangan Kota Tegal.

Pada kesempatan itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH yang bertindak selaku inspektur upacara membacakan teks pidato Hari Lahir Pancasila yang dirilis oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj Megawati Sukarnoputri.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita