Minggu, 18/06/2017, 11:35:44
H-7 Lebaran, Tol Brexit Mulai Dipadati Pemudik
Laporan Takwo Heriyanto

Pintu tol Brebes Timur (Brexit)

PanturaNews (Brebes) - Memasuki H-7 Lebaran, tol Brebes Timur (Brexit) dan jalur pantura Brebes, Jawa Tengah, mulai dipadati arus kendaraan pemudik, Minggu 18 Juni 2017.

Dari pantauan PanturaNews.Com, kendaraan dari arah Jakarta dan beberapa kota di Jawa Barat itu, didominasi jenis mobil pribadi.

Sementara di Jalur Pantura Brebes-Tegal, arus lalu lintas juga mengalami kepadatan. Bahkan, sempat terjadi antrean hingga mencapai dua kilometer selepas simpang tiga tol Brexit ke arah Kota Tegal.

Hal itu menyusul meningkatnya volume kendaraan yang keluar dari ruas tol tersebut. Namun di Jalur Pantura Brebes-Tegal volume kendaraan yang melintas lebih didominasi jenis sepeda motor, mobil pribadi dan truk barang.

Untuk mengantisipasi antrean yang lebih panjang, pihak penggelola tol membuka 8 loket pembayaran. Yakni, empat loket di gerbang utama dan empat loket lain sebagai tambahan.

Akibat peningkatan arus kendaraan pemudik dari arah Jakarta itu, di simpang tiga Brexit dengan jalur Pantura, petugas Satlantas Polres Brebes menerapkan sistem buka tutup. Yakni, dengan mengutamakan kendaraan dari arah tol untuk keluar ke pantura dan kendaraan di pantura dari arah Jakarta.

Namun tak berselang lama, pola 3:1 juga diterapkan petugas untuk menarik arus dari ruas tol. Pola 3:1 atau contra flow itu diberlakukan mulai dalam pintu keluar tol hingga jalur pantura Kota Tegal.

Di jalur Pantura Brebes-Tegal, kepadatan arus lalu lintas lebih disebabkan tingginya aktivitas masyarakat. Di antaranya, keluar masuk kendaraan di SPBU untuk mengisi bahan bakar dan kendaraan yang parkir di badan jalan untuk istirahat atau mampir ke minimarket.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung melalui Kanit Patroli Iptu Suroto mengatakan, volume kendaraan di ruas tol dan jalur pantura mengalami peningkatan cukup segnifikan dibanding hari sebelumnya.

"Hari ini arus meningkat sekitar 10 persen," ujarnya.

Dia mengatakan, rekayasa akan diberlakukan jika terjadi penumpukan yang cukup signifikan di pintu keluar Brebes Timur. Satlantas Polres Brebes akan menerapkan pola 3:1. Yakni, menggunakan tiga lajur dari arah barat (Jakarta) ke timur (Semarang), sementara dari arah timur hanya menggunakan satu lajur.

“Kami akan berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota jika rekayasa tersebut dilakukan,” tandasnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita