Kamis, 13/07/2017, 07:21:57
Terbukti Berzinah, Anggota DPRD Terancam Dicopot
Laporan Johari & SL Gaharu

Satori (kiri) didampingi Sudarso saat menghadiri sidang putusan Supriyanto di PN Tegal (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Terbukti bersalah melakukan tindak pidana perzinahan dan dihukum selama 6 bulan penjara, jabatan H Suprianto SPdi selaku anggota DPRD Kota Tegal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), terancam dicopot.

Hal itu dikatakan anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, H Ahmad Satori SE saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Tegal. H Ahmad Satori datang ke PN didampingi Anggota DPRD Kota Tegal dari Partai Gerindra, Sudarso, untuk melihat langsung siding putusan H Supriyanto, Kamis 13 Juli 2017.

Menurut Satori, politisi dari Partai Demokrat ini, hasil rapat internal BK beberapa waktu lalu sudah merumuskan akan mengembalikan Suprianto ke induk partainya, karena dalam persidangan sebelumnya ia sudah mengaku melakukan perzinahan. Pengakuan itu sudah bisa ditindak, karena melanggar marwah dari DPRD.

“Mengakui zinah itu sudah melanggar kode etik dan marwah DPRD, dan itu sudah bisa ditindak. Apalagi hari ini (Kamis 13/07-Red) pengadilan sudah memvonis dengan hukuman enam bulan penjara,” jelas Satori.

Namun, lanjutnya, atas saran dari Ketua DPRD untuk menunggu hasil putusan dari pengadilan dan minta salinan putusan. Salinan itu selanjutnya dilampirkan dan dikirim ke DPC PPP Kota Tegal, dengan tembusan ke DPW PPP Jawa Tengah, dan DPP PPP di Jakarta.

“Nantinya salinan putusan dari pengadilan itu, dilampirkan bersama hasil rapat BKD untuk diparipurnakan. Setelah ketua tandatangan dikirim ke partai, untuk mengembalikan Suprianto. Dengan ditandatangi ketua, maka Suprianto tidak lagi menjabat jadi anggota DPRD dan selanjutnya diserahkan ke partai. Silahkan kalau mau PAW (Pergantian Antar Waktu) atau dikosongkan,” imbuhnya.

Suprianto sebelumnya telah dikenai sanksi berupa tidak menjabat sebagai alat kelengkapan dewan, namun hanya anggota biasa. Dia tidak bisa mengikuti kegiatan-kegiatan komisi, baik rapat, kunker atau kegiatan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, terbukti melakukan perzinahan, anggota DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H Suprianto SPdI pada sidang putusan kasus perzinahan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tegal, Kamis 13 Juli 2017, dijatuhi hukuman 6 bulan penjara.

Hukuman yang dijatuhkan kepada H Suprianto, satu bulan lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tegal, Depaati Herlambang SH yang sebelumnya menuntut 5 bulan penjara.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita