Selasa, 22/08/2017, 05:47:40
Karnaval Sirampog, Cermin Tingginya Partisipasi Warga
Laporan Zaenal Muttaqin

Salah satu kreasi seni tari drama Rama-Shinta peserta karnaval HUT RI ke 72 tingkat Kecamatan Sirampog tampil menawan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Ribuan warga mendadak turun ke jalan memadati ruas jalan provinsi di sekitar Pasar Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa 22 Agusutus 2017. Warga antusias menikmati tontonan karnaval pembangunan yang digelar dalam rangka HUT RI ke 72 tersebut.

Karnaval diikuti oleh 27 peserta itu menjadi simbul bagi masyarakat Kecamatan Sirampog yang memiliki greget tinggi dalam berpartisipasi. Karnaval di berlangsung sangat dinamis dan kreatif, serta memenuhi syarat sebagai karnaval yang baik.

"Kemeriahan karnaval ini juga menjadi cermin tingginya partisipasi warga dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan pembangunan," kata Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE yang hadir dan mengikuti jalannya kegiatan hingga akhir.

Karnaval di Sirampog bisa jadi sebagai miniatur dan representasi masyarakat yang multi kultural. Kehadiran Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE juga menunjukkan adanya kesungguhan pemerintah dalam melayani masyarakat Kecamatan Sirampog yang sebagian wilayahnya merupakan kawasan dataran tinggi Gunung Slamet itu.

"Kami ingin melayani semua warga demi kemjuan Brebes dan terimakasih atas antusias masyarakat dalam kegiatan karnaval pembangunan," ujar Idza.

Karnaval di Sirampog diikuti oleh semua unsur dan elemen masyarakat, mulai dari unsur pendidikan, kelompok seni sampai masyarakat umum, semuanya ikut andil. Karnaval yang mengambil start dan finish di depan Kantor Polsek Sirampog.

Kehadiran orang nomor satu di Brebes ini disambut antusias warga yang ingin melihat lebih dekat pda pemimpinnya. Lambaian tangan dan senyum ramah menjadi pelengkap kegembiraan warga. Bahkan ketika Bupati berada di panggung kehormatan menerima beberapa karangan bunga yang diberikan oleh beberapa peserta karnaval.

Anggota DPRD Brebes, Nasikun yang asal Sirampog mengatakan, partisipasi masyarakat dalam kegiatan karnaval sangat tinggi. Mulai dari sekolah hingga masyarakat umum ikut andil pada kegiatan itu dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Jumlah peserta meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Partisipasi masyarakat makin meningkat dan karnaval juga makin variatif dan hidup," kata ketua Fraksi PDI Perjuangan yang ikut terlibat langsung pada kegiatan sejak awal hingga akhir.

Menurutnya, digelar oleh Gabungan Anak-anak Sekitar Perempatan Sirampog (Gaspers) yang merupakan komunitas pemuda Desa Mendala Kecamatan Sirampog.

"Ini merupakan kreativitas para anak-anak muda yang ingin menjadikan HUT RI tahun ini lebih meriah," kata Nasikun.

Beberapa kelompok seni tradisional ikut memeriahkannya dan tidak sedikit yang membuat warga yang menyaksikan terkesima. Termasuk Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE dan pejabat Muspika Sirampog, diantaranya Camat Munaedi SH dan lainnya ikut menyaksikan di panggung kehormatan.

Salah satu penampilan seni drama Rama-Shinta cukup menyita perhatian, mulai dari sindennya yang mengalunkan suara merdu hingga para pemainnya yangn nampak piawai menari.

Kegiatan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB dan ribuan warga yang semula memadati di pinggiran jalan terutama di dekat panggung kehormatan bubar dan jalan yang semula ditutup kembali dibuka.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita