Rabu, 23/08/2017, 12:24:31
Lady Meng Jiang Memukau di Resepsi HUT RI
Laporan Zaenal Muttaqin

Tari Lady Meng Jiang ditampilkan oleh siswa-siswi SMPN 01 Bumiayu memukau pengunjung resepsi HUT RI ke 72 (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Penampilan tarian asal Tiongkok Lady Meng Jiang, berhasil memukau pengunjung yang datang di Resepsi HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 23 Agustus 2017 di Aula Pendopo II Bumiayu.

Pengunjung yang hadir nempak terkagum-kagum dengan kepiawaian para pemainnya, yakni siswa-siswi Kelas VII SMP Negeri 01 Bumiayu. Dengan menggunakan kostum tradisional ala Tiongkok atau China.

“Saya baru pertama kali melihat tarian seperti ini,” kata Reza salah satu pengunjung.

Menurut pembinanya Reno Trisnadewi SPd mengatakan, tarian Lady Meng Jiang ditampilkan untuk menunjukkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Tarian itu sendiri menggambarkan pangeran atau raja yang sedang menerima tamu atau menemui rakyatnya.

"Tarian Lady Meng Jiang ditampilkan untuk menunjukkan beragamnya budaya di negeri kita," katanya.

Tarian di mainkan oleh 28 personel yang sebelumnya telah menjalani latihan dengan dibimbing oleh pelatih Siswoyo. Penampilan makin apik dan hidup dengan mengenakan kostum yang dirancang oleh Heru Baroto dari Bumiayu.

Guru pembimbing lainnya, Khaerul Syamsi mengungkapkan latihan dilakukan hampir selama satu bulan. Berkat ketekunan siswa-siswi dalam berlatih akhirnya dapat meraih juara pertama dalam Karnaval Budaya HUT RI ke 72 tingkat Kecamatan Bumiayu yang digelar Minggu 20 Agustus 2017 kemarin.

"Waktu karnaval tim dari SMPN 01 Bumiayu meraih juara satu, diantaranya dengan menampilkan tari Lady Meng Jiang tersebut," katanya.

Acara Resepsi HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Bumiayu, dihadiri oleh Camat Bumiayu Urip Rosidik SIP dan pejabat tingkat Muspika lainnya, serta perwakilan dari intansi pemerintah lainnya. Pada acara tersebut dilakukan pembagian hadiah dan trophy untuk para juara dalam rangkaian peringatan HUT RI di Kecamatan Bumiayu.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita