Minggu, 10/09/2017, 11:57:02
Ajak Hidup Sehat, Dewi Bagikan Sapu dan Setrika
Laporan SL Gaharu

Dewi Aryani sosialisasi hidup sehat (atas) dan (bawah) ibu-ibu mengikuti senam sehat bersama (Foto: Erin)

PanturaNews (Tegal) - Hidup sehat dapat dilakukan dengan cara antara lain melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban bersih.

Demikian dikatakan Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, MSi pada sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat bersama Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan (Kemenkes), di Rumah Makan Pring Sewu, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 10 September 2017.

"Melalui Germas, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr ini.

Hadir pada sosialisasi Germas antara lain Anggota DPRD Kabupaten Tegal, H. Hutri Agus Mardiko SH, Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah, Effi Mohammad Hafidz, Kasi Olahraga Prestasi Kemenkes, Ir.Andry Firmansyah, M.Kes, Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, dr. Hendardi Setiaji,M.Kes dan Kepala Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, H. Sumaryo.

Hadir juga ibu-ibu dari beberapa desa dari Kecamatan Kramat, dan Kecamatan Suradadi. Setelah Dear memberikan paparan tentang hidup sehat dan bersih, juga mengajak ibu-ibu melakukan senam sehat bersama.

Selain itu, kata DeAr, berpikir positif juga bisa terbangun jika secara fisik juga sehat. Peran ibu dalam keluarga sangat penting, karena keseharian dalam rumah tangga yang berkaitan dengan kebiasaan hidup bersih di mulai dari perilaku contoh yang diberikan oleh seorang ibu.

“Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Mengonsumsi buah dan sayur, serta memeriksakan kesehatan secara rutin,” terang DeAr yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah 9 (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes).

Selain sosialisasi, politisi PDI Perjuangan ini, juga membagikan sapu dan setrika kepada ibu-ibu yang bisa menjawab berbagai pertanyaan yang di lontarkan. Sambil becanda, DeAr mengatakan kalau Presiden Jokowi memberi pertanyaan dengan hadiah sepeda, kalau saya sapu dan setrika. Hadirin tertawa dan makin semangat.

"Ibu-ibu juga harus rajin membersihkan rumah ya bu.., juga setrika baju yang licin supaya terlihat rapi sepanjang hari...," canda DeAr yang disambut tepuk tangan yang hadir.

Para undangan makin semangat karena selain mendapat ilmu tentang gerakan masyarakat hidup sehat, para ibu juga membawa handuk dan tupperware sebagai bingkisan.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita