Selasa, 10/10/2017, 04:10:34
51 Desa di Kabupaten Brebes Rawan Diterjang Banjir
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Memasuki musim hujan, sebanyak 51 desa di sebelas kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), masuk kategori daerah rawan banjir. Diantara desa-desa yang rawan banjir ini meliputi wilayah pantura, dan daerah tengah.

Di wilayah Pantura, kecamatan yang masuk rawan banjir adalah Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari, Jatibarang, Larangan, Kersana, Ketanggungan, Bumiayu dan Banjarharjo.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Eko Andalas. "Kami minta agar masyarakat ikut mewaspadai datangnya bencana banjir saat memasuki musim hujan ini," ujarnya, Senin 9 Oktober 2017.

Selain 51 desa yang rawan bajir ini, kata Eko, daerah yang masuk rawan longsor di Kabupaten Brebes, ada 60 desa di 10 kecamatan. Daerah ini berada di wilayah Brebes bagian tengah dan selatan. Semuanya berada di Kecamatan Larangan, Kersana, Ketanggungan, Banjarharjo, Tonjong, Songgom, Sirampog, Bumiayu, Paguyangan, Bantarkawung, dan Salem.

"Kami juga minta agar masyarakat untuk ikut waspada terhadap kemungkinan datangnya bencana ini. Bila terjadi bencana segera melaporkan ke desa agar segera mendapat penanganan," tegasnya.

Untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor itu, lanjut Eko,  pihaknya juga sudah menyiapkan logistik baik berupa makanan, pakaian, peralatan dapur umum, untuk membantu para korban bencana.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita