Rabu, 11/10/2017, 03:23:23
Tes Seleksi Kadus Dilaksanakan Terbuka
Laporan Zaenal Muttaqin

Dua peserta seleksi Kadus Desa Dawuhan (berbaju putih) sedang menjalani tes (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar tes seleksi penerimaan Kepal Dusun (Kadus) IV, Rabu 11 Oktober 2017. Tes seleksi yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Sirampog ini dilakukan secara terbuka.

Ketua Panitia Seleksi Perangkat Desa Dawuhan Nasukha SPd mengatakan, seleksi Kadus IV diikuti dua peserta. Seleksi meliputi tes tertulis dengan dengan 100 soal, wawancara terdiri 10 pertanyaan dan tes kemapuan komputer meliputi kemampuan meenguasai program word dan excel.

"Materi tes terdiri dari tes tertuli, wawancara dan kemampuan menggunakan program komputer," ujarnya.

Menurutnya, tes dilaksanakan secara terbuka dan koreksi hasil tes serta penilaian juga dilakukan secara terbuka. Kedua peserta seleksi dapat melihat langsung proses penilaian dan juga saat penghituan jumlah nilainya.

"Tes ini benar-benar terbuka untuk menjaga netralitas panitia dan independensi," ungkap Nasukha.

Dikatakan, setelah dilakukan penilaian peserta nomor urut 1 yani Muhaimin mampu mendapat nilai 272 dan ditetapkan sebagai peserta yang lolos seleksi. Sementara peserta nomor urut 2 mendapat nilai 251 sehingga harus puas dengan hasil tersebut.

"Peserta yang mendapat nilai tertinggi yang dinyatakan lolos seleksi," ucap Nasukha.

Kepala Desa Dawuhan Iwan Budi S mengatakan, seleksi perangkat desa dilakukan setelah adanya kekosongan Kadus 4 sejak Maret 2017 lalu. Panitia tim seleksi Perangkat Desa dibentuk setelah mendapat rekomendasi dari Bupati Brebes.

"Panitia yang bertugas melakukan seleksi penerimaan dibentuk desa yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat," katanya.

Kata dia, seleksi penerimaan perangkat untuk mengisi kekosongan Kadus 4 hanya diikuti oleh dua peserta, karena pesertanya diutamakan dari warga di wilayah dusun tersebut.

Sementara itu, Camat SIrampog Munaedi SH mengatakan, pelaksanaan penjaringan untuk pengisian perangkat desa hingga tes seleksi berjalan lancar. Sebelumnya Desa Batusari dan Desa Benda juga telah melaksanakan seleksi perangkat desa.

"Semua berjalan lancar dan sesuai harapan, pelaksanaan seleksi baik di Desa Batursari, Benda dan hari ini Desa Dawuhan berjalan lancar," katanya.

Selain di tiga desa tersebut, seleksi perangkat juga akan dilaksanakan di Desa Kaligiri yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2017 mendatang.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita