Rabu, 11/10/2017, 05:18:01
PDIP Serahkan Berkas Persyaratan Peserta Pemilu
Laporan SL Gaharu

Elvi Yuniarni (kiri) menerima berkas persyaratan calon peserta Pemilu 2019 dari Ketua DPC PDIP Kota Tegal (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, Jawa Tengah, menyerahkan berkas persyaratan partai politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Tegal ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu 11 Oktober 2017 pukul 14.30 WIB.

Penyerahan berkas ke KPU Kota Tegal yang diterima Komisioner KPU Kota Tegal Devisi Hukum, Elvi Yuniarni, SH itu dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H. Edi Suripno, SH,MH bersama Sekretaris DPC PDIP Kota Tegal, Sutari, SH,MH dan Bendahara DPC PDIP Kota Tegal, Wiwik Mastuti serta pengurus DPC dan kader PAC PDIP Kota Tegal.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H. Edi Suripno mengatakan dalam penyerahan berkas pihaknya akan mengikuti aturan KPU, dan sesuai dengan aturan partai. Berkas persyaratan yang diserahkan sudah melebihi batas minimal yang ditentukan KPU yaitu satu per seribu dari jumlah penduduk Kota Tegal.

“Berkas yang kami serahkan diatas batas minimal, dengan menyertakan foto copy KTP dan Kartu Tanda Anggota PDI Perjuangan,” ujar H. Edi Suripno yang akrab disapa Uyip.

Lebih lanjut dikatakan, jika nantinya setelah diteliti KPU ternyata ada kekurangan, DPC PDI Perjuangan siap untuk melakukan perbaikan. Menurutnya, jika dihitung dari KTA sebenarnya bisa memasukan lebih dari 40 ribu anggota. Tapi karena waktu yang terbatas, maka berkas keanggotaan yang disertakan hanya diatas batas minimal persyaratan.

“Karena waktu yang terbatas, maka tidak semua anggota partai kami sertakan ke berkas yang kami serahkan ke KPU,” tutur Uyip yang juga Ketua DPRD Kota Tegal.

Sementara Divisi SDM dan Partisiapasi Masyarakat KPU Kota Tegal, Thomas Budiono menjelaskan, untuk Kota Tegal dengan jumlah penduduk sebanyak 280.000 jiwa, maka setiap partai politik harus menyerahkan minimal 1/1000 atau seper seribunya dari 280.000 atau 280 anggota partai yang dilengkapi dengan bukti foto copy KTP dan KTA.

“Kami hanya melakukan verifikasi administrasi dan hanya menerima lampiran persyaratan jumlah anggota di daerah,” kata Thomas Budiono.

Sebelumnya dijelaskan, proses Pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di Kota Tegal dijadwalkan; Penerimaan salinan bukti keanggotaan parpol oleh KPU Kota Tegal mulai 03 Oktober hingga 16 Oktober 2017. Penelitian administrasi 17 Oktober hingga 15 November 2017, kemudian dilakukan penyampaian hasil penelitian administrasi pada 16 dan 17 November 2017,

“Jika masih ada kekurangan atau kesalahan, parpol diminta melakukan perbaikan mulai 18 November sampai 01 Desember 2017,” tutur Thomas.

Selanjutnya KPU akan meneliti lagi administrasi hasil perbaikan, dan pada 12 hingga 14 Desember 2017 disampaikan hasil penelitian perbaikan. Pada 15 Desember hingga 04 Januari 2018, KPU melakukan verifikasi faktual dan pada 04 hingga 06 Januari 2018 disampaikan hasil verifikasi faktual.

“Kami juga memberi kesempatan melakukan perbaikan verifikasi faktual, dan setelah dilakukan perbaikan kami menyusun Berita Acara verifikasi factual pada 04 dan 05 Februari 2018. Puncaknya pada 17 Februari 2018 ditetapkan parpol peserta Pemilu 2019,” pungkas Thomas Budiono.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita