Rabu, 18/10/2017, 10:24:26
Polres Brebes Gelar Ngopi Bareng Warga Desa
Laporan Takwo Heriyanto

Kapolres Brebes dan jajaranya sialturahmi dengan tajuk Ngobar Remmas di Desa Sawojajar (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Guna mewujudkan visi polisi Promoter (Profesional Modern Terpercaya) dan sebagai penolong serta sahabat masyarakat, Polres Brebes, Jawa Tengah, menggelar sialturahmi dengan tajuk “Ngopi Bareng Rembuk Kamtibmas" (Ngobar Remmas) di Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Selasa 17 Oktober 2017 malam.

Acara yang dipimpin langsung Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto ini, dihadiri unsur Muspika, para tokoh masyarakat, Ketua RW, Kepala Desa se-Kecamatan Wanasari serta perwakilan pemuda Desa Sawojajar dan Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes.

"Kami laksanakan silaturahmi Rembuk Kamtibmas, bertujuan agar kineja Polri, terutama dalam upaya mewujudkan visi Kapolri “Promoter” bisa kita laksanakan," ujar Sugiarto.

Menurutnya, adanya kegiatan Ngobar Remmas itu dimaksudkan agar tercipta kordinasi dan kerjasama antara Polisi dan masyarakat untuk dapat menciptakan situasi yang aman. Masukan dari masyarakat juga dapat diterima sehingga kalau ada sesuatu dapat segera ditindak lanjuti.

Dalam kesemptan ini, Kapolres Brebes juga memberikan nomer Handphone langsung kepada warga dengan harapan jika ada informasi bisa langsung disampaikan kepada Kapolres dan akan segera ditindaklanjuti oleh jajarannya.

"Adanya masukan dari masyarakat sangat bermanfaat bagi Polisi dan dapat ditindaklanjuti jika sangat diperlukan," kata Sugiarto.

Dikatakan, Polisi perlu masukan dari masyarakat terutama yang berkaitan dengan keamanan, agar masalah keamanan itu dapat diperbaharui atau diupdate terus. Diharapkan melalui kegiatan itu tercipta komunikasi yang yang baik untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Brebes.

"Melalui komunikasi dan silturahmi ini kami ingin selalu mengupdate masalah keamanan," tutur Sugiarto.

Lanjut Kapolres, diera keterbukaan ini dimana masyarakat bisa dengan cepat mengakses informasi melaui media baik cetak, elektronik maupun media sosial (medsos). Khsusus Medsos, Kapolres berpesan kepada warga untuk bijak dalam menyikapi informasi yang berkembang.

“Adanya informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya, bijaklah dan cek kebenarannya sehingga tidak merugikan orang lain,” pesannya.

Ditambahkan, dengan hadirnya peserta dari unsur tokoh masyarakat, Kades dan Ketua RW ini Kapolres berharap untuk bisa menjadi penyambung kepada warganya. Karena selama ini merekalah yang memiliki peran penting dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di masing-masing desanya.

Disinggung terkait akan dilaksanakannya Pesta Demokrasi di tahun 2018 baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), pihaknya mengimbau untuk tetap menciptakan iklim yang sejuk dan aman.

“Pilihan boleh berbeda, tetapi pada dasarnya kita saudara sehingga saya berharap untuk tetap menjaga keharmonisan dengan menciptakan iklim yang sejuk,” imbuh Kapolres.

Kegiatan Ngobar Renmmas di Kecamatan Wanasari ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya diwilayah Kecamatan Bulakamba yang digelar di Balaidesa Grinting. Kegiatan ini akan digelar di setiap Kecamatan secara bergiliran.

Pada kegiatan ini, suasana makin hidup dengan adanya beberapa penjelasan dari Kapolres menjawab beberapa masukan dari masyarakat yang sebelumnya sempat diterimanya. Peserta juga nampak semangat dengan adanya penampilan grup Keroncong Kamtibmas yang membawakan beberapa lagu.

Grup Keroncong Kamtibmas, merupakan salah satu ide kreatif yang dibentuk oleh Kapolres Brebes AKBP Sugiarto yang akan selalu ditampilkan setiap ada kegiatan Polres Brebes. Grup musik ini seluruh personelnya diawaki oleh anggota Polisi laki-laki (Polki) dan Polwan serta salah satu pengirinya merupakan korban laka kandas yang dibina oleh Polres Brebes.

“Dengan direkrutnya salah satu korban laka lantas tersebut diharapkan bisa memberikan pesan moral kepada warga lainya khsuusnya saat berlalulintas,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat desa Sawojajar Zaki menyampaikan apresisinya kepada Kapolres Brebes beserta jajarannya. Menurutnya kegiatan baik dan positif, dimana Polri mau terjun langsung dimasyarakat untuk bisa menerima kritik dan saran. Karena menurutnya selama ini masyarakat terkesan ada jarak dalam menjalin komunikasi dengan Kepolisian terutamanya bila menyangkut permasalahan hukum.

“Sekali lagi kami berikan apresiaisi yang luar biasa, karena melalui kegiatan ini membuka ruang masyarakat bisa berialog langsung dengan Kepolisian,” tutur Zaki.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita