Selasa, 07/11/2017, 04:03:37
Flyover Akan Dipasang Barrier Pemisah Jalur
Laporan Zaenal Muttaqin

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP M Rikha Zulkarnain SH SIK MH (kanan) meninjau Flyover Kretek sehari setelah terjadinya dua kecelakaan dalam jangka waktu 10 menit (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sering terjadi kecelakaan, Falyover Kretek di jalan nasional ruas Tegal-Purwokerto, tepatnya di jalur Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan dipasang barrier pemisah jalur kanan dan kiri.

"Dalam waktu dekat akan dipasang barrier pembatas atau pemisah jalur," ujar Kasat Lantas Polres Brebes, AKP M Rikha Zulkarnain SH SIK MH, saat melakukan peninjaun ke Flyover Kretek, Selasa 07 November 2017.

Pemasangan barrier dimaksudkan untuk mencegah kendaraan mendahului atau mengambil jalur lawan. Pasalnya, kecelakaan yang selama ini terjadi banyakdisebabkan kendaraan yang melaju mendahului kendaraan lainnya dengan kecepatan yang tinggi.

"Ketika mendahului tentu kecepatannya tinggi dan akan bertambah kecepataannya lagi karena jalannya kemudian menurun, ini yang kemudian menimbulkan terjadinya kecelakaan," kata M Rikha.

Menurutnya, barrier pemisah jalur akan dipasang sepanjang Flyover dan di dua ujungnya. Adanya barrier akan menuntun pengendaraan tetap pada jalurnya dan tidak menyalip kendaraan lain.

"Adanya barrier kecepatan kendaraan juga akan terkontrol dan tidak akan mengambil jalur lawan," ucap M Rikha.

Flyover Kretek sejak difungsikan pada akhir Agustus lalu telah menimbulkan 15 kali kecelakaan dan mengakibat korban tewas tiga orang. Kecelakaan serin terjadi saat kondisi jalan basah karena hujan dan kendaraan mengalami selip.

Selain itu, beberapa kendaraan juga mengalami rem tidak berfungsi yang kemudian terperosok ke sisi jalan. Semua kendaraan yang mengalami kecelakaan melaju dari arah selatan dan mengalami kecelakaan di sisi utara Flyover.

Kecelakaan yang cukup tragis dan memakan korban jiwa terjadi pada Senin 06 November 2017, sebuah bus pariwisata dengan nomor polisi K 1515 EW selip dan nungsep ke sawah yang ada sisi jalan.

Selang kira-kira 10 menit sebuah truk pengangkut semen curah dengan nomor polisi B 9749 EG, juga mengalami selip dan menghantam pagar pembatas Flyover dan akhirnya terjun ke sisi kanan dan masuk ke sungai.

Kasat Lantas Polres Brebes melakukan peninjauan ke Flyover disertai pula jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah dan Dishub Kabupaten Brebes.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita