Jumat, 10/11/2017, 09:47:29
Dilla, Dinobatkan Jadi Duta Kesehatan 2017
Laporan Takwo Heriyanto

Dilla Angelin Syahli

PanturaNews (Brebes) - Siswa SMA Negeri 3 Brebes, Dilla Angelin Syahli dinobatkan sebagai Duta Kesehatan Kabupaten Brebes 2017. Gelar Duta Kesehatan tersebut diperolehnya dengan seleksi yang ketat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Kamis 9 November 2017.

Dilla yang mewakili Puskesmas Brebes, berhasil menumbangkan 25 peserta SMA/MA/SMK utusan dari Puskesmas se Kabupaten Brebes. Juara 2 diraih Lionisari dari MA Asy Syafiiyah Jatibarang, dan juara 3 diraih Atifatiyatul Muala dari SMA Negeri 1 Tanjung.

"Tidak menyangka, kalau saya ternyata menjadi yang terbaik dalam penilaian dewan juri," ujar Dilla saat ditemui di ruang lobby SMA 3 Brebes, Jumat 10 November 2017.

Sebagai pelajar, Dilla-demikian sapaan akrabnya, mengaku ingin menjadi pelopor kesehatan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari menunjukan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Sebagai muslim, sebenarnya telah dituntun untuk hidup sehat seperti wudlu,” kata gadis berhijab itu.

Anak pasangan Trisun dan Dyah Sulistyowati Rahayu ini, melihat masyarakat Brebes masih kurang kesadarannya dalam menjaga kesehatannya. Terbukti banyak yang buang sampah sembarangan, jarang cuci tangan pakai sabun dan banyak yang merokok ditempat-tempat umum.

Padahal menurutnya, kesehatan itu sangat penting dan boleh dibilang nomor satu. Karena tanpa hidup sehat, sekali aktivitas kehidupan sehari-hari akan terganggu dan bisa menimbulkan kemiskinan.

Bagaimana tidak menjadi miskin kalau sakit, disamping tidak bisa bekerja juga mengeluarkan dana besar untuk mengobati sakit. Maka lebih baik mencegah dari pada mengobati, ujar Dilla yang bercita-cita menjadi dokter.

Gadis kelahiran Brebes, 20 Februari 2007 menilai, pelayanan kesehatan di Brebes juga belum maksimal. Terutama terhadap pelayanan pemberian BPJS Kesehatan yang kurang tepat sasaran. Terbukti masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan BPJS sementara orang yang kaya malah mendapatkan kartu sehat tersebut.

Siswa kelas 10 IPA 1 SMA 3 Brebes ini setelah dinobatkan sebagai Duta Kesehatan, bertekad akan memberikan penyuluhan tentang kesehatan seperti mencontohkan lingkungan yang bersih, cuci tangan pakai sabun, hidup sehat tanpa Narkoba dan lain-lain.

Selain menjadi duta kesehatan, Dilla juga pernah menjadi juara 1 Nyanyi Tunggal tingkat Kabupaten Brebes Dies Natalis SMA 1 Ketanggungan, juara 3 Fashion Show Hari Batik Nasional 2016, Juara 1 Fashion Show Hari Batik Nasional 2017 yang digelar Dekranasda Kabupaten Brebes.

Kepala SMA N 3 Brebes, Muhromin mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya tersebut. Dia berjanji akan memberikan reward bagi siswa maupun guru-guru di sekolahnya bila berhasil menorehkan prestasi.

"Perjuangan mereka, sangat mengharumkan nama sekolah sehingga perlu diberi reward," pungkasnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita