Senin, 13/11/2017, 09:10:50
Ratusan Nelayan Hadang Kedatangan Menteri Susi
Laporan Johari

Ratusan nelayan Kota Tegal demo hadang Menteri KKP di Pelabuhan Jongor (Foto: Johari)

PanturaNews (Tegal) - Kedatangan Mentri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pujiastuti telah ditunggu oleh ratusan nelayan Kota Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT), Senin 13 Nopember 2017 siang.

Namun hingga sore hari, Susi tidak hadir dan hanya diwakilkan oleh Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja. Kecewa ketidakhadiran Susi, ratusan nelayan menggelar aksi di Kompleks Pelabuhan Tegal Jongor, yang intinya menolak larangan jaring cantrang.

Berbagai spanduk dan poster dibentangkan dalam demo itu, sementara beberapa tokoh nelayan, secara bergantian menyampaikan orasi. Mereka secara tegas menyatakan menolak rencana pemerintah yang melarang penggunaan jaring cantrang.

Ketua PNKT, Susanto Agus Priono alias Cicus, menyatakan demo ini bukan untuk menolak rencana kedatangan menteri Susi, melainkan untuk menegaskan bahwa nelayan Kota Tegal tetap menolak pelarangan jaring cantrang.

"Kami tidak akan melarang menteri datang ke sini. Cuma yang ingin kami sampaikan adalah, nelayan tetap menolak rencana pelarangan cantrang dan kami siap dialog," ujar Cicus.

Demo ini, menurutnya, untuk memberi pesan kepada Menteri Susi bahwa nelayan Tegal tidak akan tinggal diam terhadap rencana pemerintah tersebut. “Kalau cantrang dilarang, tolong carikan solusinya, agar kami tetap  melaut,” tegasnya. 

Untuk mengamankan acara kunjungan Susi, Polresta Tegal melakukan langkah pengamanan di lokasi. Selain menerjunkan ratusan petugas, polisi juga memasang kawat berduri.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita