Kamis, 30/11/2017, 06:27:25
Tower BTS Roboh Melintang Macetkan Jalan Nasional
Laporan Zaenal Muttaqin

Tower BTS roboh melintang di jalan nasional ruas Tegal-Purwokerto (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebuah tower Base Transceiver Station (BTS) roboh dan melintang di jalan nasional ruas Tegal-Purwokerto, Kamis 30 November 2017 sekira pukul 15.15 WIB. Tepatnya di jalur Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Tower BTS roboh setelah ada angin kencang dan tower melintang dan menutup jalan raya sehingga tidak dapat dilintasi semua kendaraan. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut, tapi lalu lintas sempat macet total sekira satu jam.

Penuturan warga, Siti Mas'adah yang rumahnya berada dekat di bawah tower tersebut mengatakan, mendengar suara seperti besi dan pohon roboh bersamaan, saat dirinya sedang berada di dalam rumah. Ketika keluar melihat tower telah roboh persis di depan rumahnya dan melintang di jalan raya.

"Mendengar suara keras besi berbenturan dan juga suara pohon roboh, waktu keluar tower sudah roboh persis di depan rumah," ujarnya.

Menurutnya, bagian dapur dan salah satu kamar rumahnya juga rusak tertimpa salah satu sisi tower. Bagian yang rusak hanya berjarak sekitar 15 meter dari pondasi tower tersebut.

"Rumah ada yang kena ruang kamar dan dapur tapi pas lagi kosong," ungkap Mas'adah.

Dikatakan, tower BTS yang roboh milik salah satu provider telepon seluler dan dibangun pada tahun 2007 lalu. Selama dibangun belum diketahui pernah dilakukan perbaikan.

"Usianya sudah sepuluh tahun dibangun sampai sekarang, tahun 2007 lalu dibangun," kata Mas'adah.

Kapolsek Paguyangan, AKP Bowo Cipto Hadi mengatakan, diduga tower berbobot 22 ton dan setinggi 92 meter itu roboh akibat tidak kuat saat diterpa angin kencang. Petugas bersama warga langsung berupaya menyingkirkan bangkai tower yang melintang di jalan raya itu dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan alat las.

"Tower dipotong dengan las dan singkirkan dari jalan dengan ditarik menggunakan derek dan truk," katanya.

Hampir satu jam lalu lintas di jalur tersebut macet, sampai sebagian tower dapat dipotong dan disingkirkan. Petugas dari Pos Lantas Bumiayu juga turun mengatur arus lalu lintas.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita