Sabtu, 02/12/2017, 01:40:10
Tanamkan Karakter dengan Mecintai Nabi
Laporan Zaenal Muttaqin

Kegiatan Shalawat Bersama di SMK Ma'arif NU 01 Paguyangan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Memperingati Maulid Nabi SAW, SMK Ma'arif NU 01 Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar Shalawat Bersama, Sabtu 02 Desember 2017. Kegiatan yang menghadirkan Habib Ahmad bin Aqil Al Atthas dan KH Aminuddin Masyhudi bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa.

Kepala SMK Ma'arif NU 01 Paguyangan, Mardiyanto SAg mengatakan, momen peringatan Maulid Nabi sangat tepat untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Melalui kegiatan Shalawat Bersama dimaksudkan untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Melalui dzikir shalawat akan semakin menumbuhkan kecintaan pada Nabi SAW," katanya.

Menurutnya, dengan tumbuhnya rasa cinta yang tinggi selanjutnya siswa akan mudah untuk meneladani Nabi SAW. Sebab, biasanya orang akan lebih mudah meniru atau mengikuti siapa yang dicintainya.

"Ketika ada rasa cinta maka perilaku juga cencerung mengikuti yang dicintainya," ungkap Mardiyanto.

Dikatakan, Nabi SAW melalui pribadinya yang agung banyak memberikan contoh-contoh nyata untuk pendidikan karakter. Nabi SAW memberikan contoh kepribadian yang baik sesmas hidupnya untuk para sahabat dan pengikutnya, sehingga karakter dan sifatnya ditiru atau menjadi teladan.

"Nabi SAW itu bukan hanya memerintah, tapi juga memberi contoh dan membimbing ummatnya," terang Mardiyanto.

Shalawat Bersama yang diikuti seluruh siswa dan guru SMK Ma'arif NU 01 Paguyangan ini dipandu oleh Habib Ahmad bin Aqil Al Atthas. Selanjutnya KH Aminuddin Masyhudi, pengasuh Pondok Pesantren Darun Najat Pruwatan Bumiayu, memberikan uraian hikmah tentang Maulid Nabi.

Selain itu usai acara siswa masih diberi pelajaran untuk melatih keberanian sepakbola durian. Buah durian yang berduri cukup tajam itu dijadikan sebagai bola yang diperebutkan oleh para siswa.

"Sepakbola durian untuk melatih dan menanamkan keberanian," kata Mardiyanto.

Sikap berani dipadu dengan bimbingaan pendidikan karakter yang baik tersebut juga sebagai persiapan bagi siswa yang akan menghadapi ujian semester mulai tanggal 06 Desember mendatang.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita