Selasa, 12/12/2017, 08:40:31
KPU Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan
Laporan Nino Moebi & SL Gaharu

Ilustrasi

PanturaNews (Tegal) - Sebanyak 162 petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jawa Tengah, diterjunkan untuk verifikasi faktual terhadap Surat Dukungan Calon Walikota-Wakil Walikota Tegal Perseorangan yaitu Pasangan HA Ghautsun, S.Sos dan dr H Muslih Dahlan.

“Mulai hari ini, 162 petugas membantu KPU untuk melakukan verifikasi factual dukungan calon walikota dan wakil walikota dari jalur perseorangan. Petugas yang disebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Tegal, akan bekerja sampai dengan tanggal 25 Desember 2017,” kata Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko SH di kantornya, Selasa 12 Desember 2017.

Menurut Agus, petugas akan mengecek langsung kebenaran dukungan kepada pasangan Ghautsun-Muslih. Petugas akan mendatangi satu per satu warga yang memberi dukungan. Petugas akan menanyakan apakah benar memberi dukungan atau tidak.

“Dalam bekerja, petugas kami bisa didampingi orangnya calon, atau dari petugas Panwaslu. Orang dari calon atau dari Panwas bisa mengawasi, barangkasi petugas kami melakukan hal-hal yang merugikan calon,” tutur Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Divisi SDM dan Permas KPU Kota Tegal, H Thomas Budiono, verifikasi kepada 28.176 dukungan yang dilengkapi dengan fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Tegal, dilakukan dengan metode sensus.

“Artinya, satu per satu pendukung akan didatangi petugas dari KPU, dan ditanya soal kebenaran dukungannya,” tutur H Thomas.

Dikatakan Thomas, jumlah surat dukungan yang akan diverifikasi sebanyak 28.176 lembar. Ada 27 kelurahan di Kota Tegal, dan setiap kelurahan ditempatkan 6 petugas. Mereka didampingi oleh Petugas Pengawas Lapangan dan Penghubung Pasangan Calon.

“Kami berharap seluruh lapisan masyarakat mendukung proses verifikasi ini, terutama Ketua RT, Ketua RW dan tokoh masyarakat agar aktif membantu petugas untuk bertemu dengan warga yang akan diverifikasi,” pinta Thomas.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita