Senin, 08/01/2018, 03:55:09
Bupati: Pembangunan Desa Harus Sesuai Prioritas
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH sedang memberikan arahan pada kegiatan Evaluasi Perencanaan Desa Tahun 2018 untuk Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat di Kabupaten Brebes, yang digelar di Aula Kecamatan Paguyangan, Senin 08 Desember 2018. (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti SE MH mengingatkan kepada Pemerintah Desa untuk merencanakan pembangungan desa sesuai skala prioritas. Utamanya dalam pembangunan pelayanan dasar masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan.

"Pembangunan di desa harus sesuai skala prioritas utamanya pelayanan dasar masyarakat," katanya saat memberi arahan pada kegiatan Evaluasi Perencanaan Desa Tahun 2018 untuk Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat di Kabupaten Brebes, yang digelar di Aula Kecamatan Paguyangan, Senin 08 Desember 2018.

Menurutnya, perencanaan pembangunan di desa dengan menggunakan Dana Desa (DD) harus sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 19 Tahun 2017. Prioritas penggunaan DD untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Prioritas penggunaan DD diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang," ujar Idza pada kegiatan yang diikuti oleh para Kepala Desa dari Kecamatan Paguyangan dan Kecamatan Bumiayu.

Dikatakan, perlu diperhatikan oleh pemerintah desa pula dalam merencanakan pembangunan mengacu pada Musyawarah Desa (Musdes), untuk menentukan mana yang menjadi prioritas. Musdes sangat diperlukan agar menghasilkan keputusan yang bermutu, juga adanya keterlibatan masyarakat.

"Perencanaan pembangunan harus mengacu pada Musdes yang digelar untuk memutuskan mana yang menjadi prioritas," tegas Idza.

Sementara itu dari hasil evaluasi yang dilakukan Pemda Brebes, perencanaan pembangungan di desa-desa yang ada di Kecamatan Paguyangan dan Kecamatan Bumiayu dinilai cukup selaras dengan prioritas pembanguna di Kabupaten Brebes. Meski begitu pada tahun-tahun selanjutnya tetap harus ditingkatkan lagi.

"Untuk Kecamatan Paguyangan dan Bumiayu sudah cukup selaras dengan kebutuhan di Kabupaten Brebes, artinya selaras dengan prioritas Kabupaten Brebes," ungkap Idza.

Kegiatan Evaluasi Perencanaan Desa Tahun 2018 untuk Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat di Kabupaten Brebes, yang digelar di Aula Kecamatan Paguyangan,selain dihadiri oleh Camat Paguyangan, Ahmad Hermanto dan Camat Bumiayu, Urip Rosidik juga hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades), Rofiq Qoidul Adzam.

Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Dra Laely mulyani, juga nampak hadir mendampingi Bupati Brebes Idza Priyanti dalam kegiatan evaluasi tersebut.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita