Selasa, 09/01/2018, 01:08:10
Ditanami Pisang, Saluran Irigasi Langsung Diperbaiki
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Irigasi yang ditanami pohon pisang mulai dibersihkan (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Setelah sebelumnya di protes oleh puluhan petani dengan menanami pohon pisang di sepanjang saluran irigasi wilayah Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, kini aksi protes tersebut langsung direspon.

Yakni dengan membuat saluran irigasi arah jalan tembus Islamic Centrer Kelurahan Pasarbatang - Dukuh Sigempol, Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Senin 8 Januari 2018.

Menurut Eko Budi Santosa, perwakilan dari BUMN PT. Hutama Karya terkait normalisasi saluran irigasi mengatakan, bahwa normalisasi pengerukan oleh pihaknya dengan menggunakan alat berat satu unit Beko/Excavator.

"Normalisasi pengerukan  dimulai dari Desa Wangadalem 8 menuju I, yaitu mulai dari Dukuh Sigempol Desa Randusanga Kulon hingga Desa Lengkong Kecamatan Jatibarang," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, air sudah mengalir, namun demikian masih terhenti didepan SDIT Harapan Umat Brebes. Hal itu dikarenakan air tertutup rumput dan sampah serta endapan tanah yang masih tinggi.

"Tapi akhirnya warga secara sukarela ikut membantu membersihkan rumput dan sampah untuk membuka jalannya air, sehingga saluran irigasi bisa kembali normal," terangnya.

Dia menambahkan, untuk pohon pisang yang sebelumnya ditanami warga Desa Pagejugan  di saluran sudah di cabut kembali.

"Ya, saat ini sebagian sawah milik warga Desa Pagejugan sudah dapat teraliri air," tuturnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita