Jumat, 12/01/2018, 12:30:54
Sekda: Pertanian di Kendal Harus Inovatif
LAPORAN ADANG PURNOMO

Kadinas DPP Kendal Ir. Diah Aning Budiarti (kanan) saat memberi pengarahan (Foto: Adang)

PanturaNews (Kendal) - Pembangunan jalan Tol Batang- Semarang, berdampak langsung pada berkurangnya lahan pertanian di Kabupaten Kendal. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh. Toha, ST, M.Si dalam pengarahannya terhadap para PNS di jajaran Dinas Pertanian dan Pangan, Rabu 10 Januari 2015 di Ruang Pertemuan dinas setempat.

Di sela-sela pembinaan terhadap kinerja pegawai di OPD tersebut, Sekda menilai kinerja PNS bidang pertanian di Kabupaten Kendal sedikit banyak akan terpengaruhi dengan menyusutnya lahan pertanian akibat adanya pembangunan jalan Tol.

Oleh karena itu, kata Sekda, dibutuhkan pemikiran dan kerja inovatif dari PNS bidang pertanian dan tanaman pangan, untuk membantu petani meningkatkan produksi pertanian pada lahan yang semakin sempit.

"Tantangan pertanian di Kabupaten Kendal semakin banyak terutama dengan posisi Kendal sebagai daerah hinterland atau penyangga ibu kota provinsi yang banyak menggunakan lahan pertanian yang dikonversi menjadi infrastruktur serta kawasan industri. Sudah ada tol yang lewat selatan, nantinya akan ada tol yang mau dibangun di sepanjang pantai utara,” tuturnya.

Sekda menyampaikan, PNS dinas pertanian dituntut berinovasi dalam bekerja untuk membantu petani, baik itu lewat intensifikasi atau ekstensifikasi pertanian. Daerah Kabupaten Kendal bagian atas yang biasanya untuk pertanian kering, bisa dijadikan pertanian basah dengan banyak pengairan.

Selain itu, dilakukannya pengembangan Pelabuhan Tanjung Kendal yang sudah ada MOU dengan Pelindo III menjadi pelabuhan internasional dengan pengembangan 2 kilometer ke arah barat akan memakan cukup banyak lahan. Sehingga, menurut Sekda Toha, dibutuhkan kerja keras jajaran Dinas Pertanian dan Pangan untuk tetap mempertahankan swasembada yang telah dicapai. "Jangan sampai tadinya surplus pangan malah jadi minus pangan," serunya.

Dalam petemuan tersebut, tampak hadir Kadinas DPP Kendal Ir. Diah Aning Budiarti, Kadinas Kominfo Kendal Drs. Muryono, S.Pd, M.Pd dan Kepala BKPP Kendal Agus Dwi Lestari, S.Ip, M.Si dan diikuti segenap PNS OPD terkait.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita