Sabtu, 13/01/2018, 12:38:50
Sosialisasi Penyusunan Program TPP PNS
LAPORAN ADANG PURNOMO

Sekda Kendal Moh. Thoha saat memberikan pengarahan pada Kepala OPD perihal TPP PNS (Foto: Adang)

PanturaNews (Kendal) -  Kinerja pegawai yang berimbas pada besaran TPP yang diterima PNS, tergantung dengan kemampuan manajerial pimpinan di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam memimpin.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh Toha, ST,M.Si saat memberikan sambutannya pada pembukaan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Program/Kegiatan (Time Schedule) Pemberian Tambahan Penghasilan PNS, Jumat 12 Januari 2018, di ruang Operation Room Setda Kendal.

Menurut Sekda, keberadaan TPP bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan kinerja yang akan berimbas pada peningkatan pelayanan pada masyarakat. Akan tetapi, TPP bukan merupakan hak melekat pada PNS sebagaimana gaji dan tunjangan, TPP diberikan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi, jika pada saat tertentu dimana seorang PNS tidak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya maka akan dilakukan pemotongan jumlah TPP yang diterima.

"Sebagai dasar pemberian TPP, adalah resiko tanggungjawab jabatan dan hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) PNS jajaran Pemkab Kendal 2018. Kenaikan jumlah TPP ini sedang dalam proses pembahasan dengan pihak UKSW sebagai pihak ketiga" ujar Sekda.

Variabel TPP yakni meliputi capaian kinerja program / kegiatan, capaian kinerja keuangan, capaian pendapatan daerah ( bagi OPD tertentu ), pelayanan publik ( bagi OPD tertentu ) dan disiplin PNS. Sedangkan komponen TPP yaitu TPP statis berupa kehadiran dan disiplin PNS ( hukuman disiplin ). Penjabaran perhitungan TPP diwujudkan dalam jadwal waktu dengan bentuk kurva S untuk pelaksanaan kegiatan dan atau penyerapan anggaran.

Sementara itu, penjelasan perhitungan teknis pemberian TPP disampaikan Kabag ULP Drs. Daryanto. Disampaikan bahwa bobot kegiatan merupakan nilai prosentase kegiatan, dimana dengan bobot kegiatan ini, nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan dari kegiatan yang dikerjakan oleh masing - masing OPD.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur dan diikuti segenap kepala OPD dan pejabat pengurus TPP terkait.

Seperti diketahui, Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si bakal memberikan tambahan kenaikan pada TPP yang diterima PNS di jajaran pemkab kendal pada 2018 ini. Besarnya peningkatan jumlah TPP yang diterima berkisar 20 % hingga 40 % di level tertentu.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita