Selasa, 16/01/2018, 05:13:17
DK Selatan Gelar Pentas Seni Kirab Budaya
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Salah satu tarian yang ditampilkan pada kegiatan Pentas Seni Kirab Budaya di Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dewan Kesenian (DK) wilayah selatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar Pentas Seni Kirab Budaya Hari Jadi ke 340 Kabupaten Brebes, Selasa 16 Januari 2018 di gedung Eks Kawedanan Bumiayu.

Pentas ini sebagai bagian dari persiapan pada pentas kirab seni Budaya di Kota Brebes saat peringatan hari jadi pada Kamis 18 Januari 2018 besok.

"Ini sebenarnya bagian dari gladi bersih untuk pelaksanaan kirab di Brebes tanggal 18 Januari besok," kata koordinator kegiatan, Budi Junianto.

Menurutnya, pada saat kirab budaya di Kota Brebes nantinya, Dewan Kesenian Wilayah Selatan yang meliputi Kecamatan Bumiayu, Sirampog, Paguyangan, Tonjong dan Bantarkawung akan menampilkan beberapa kesenian dan budaya.

"Wilayah selatan akan berkolaborasi menampilkan beberapa kesenian dan budaya di Brebes nanti," ujarnya.

Penampilan dari masing-masing kecamatan sesuai dengan budaya yang ada. Seperti Tonjong akan mengusung Digul, Sirampog dengan kolaborasi kentongan dan hadroh, Paguyangan akan membawakan kesenian Ronggeng dan Bantarkawung akan membawa Simo Barong.

"Dari Bumiayu juga akan mempersembahkan karnival Paras Brebes Bawang Merah," ungkap Junianto.

Karnival Paras Brebes Bawang Merah merupakan tarian kolaborasi yang melambangkan kekuatan dan kebersamaan sebagai keindahan Brebes. Kolaborasi ini akan diperkuat dengan tarian kolosal, tari kipas dan diiringi kuda tarian kuda animasi, juga tarian dengan kostum sayap.

"Ini merupakan kolaborasi yang melibatkan sekitar 50 personil," ucap Junianto.

Pentas Seni Kirab Budaya dipersiapkan secara matang oleh para seniman dari wilayah selatan. Diantaranya didukung oleh sanggar Elvista Bumiayu dan juga para pelaku seni dari Tonjong, Bumiayu, Paguyangan dan lainnya.

"Seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Brebes sepenuhnya mendukung dan mempersiapkan dalam kegiatan ini," tandas Junianto.

Pentas Seni Kirab Budaya di Bumiayu siang itu disaksikan oleh warga Bumiayu dan pejabat Muspika Bumiayu. Juga para Kepala Sekolah tingkat SLTA serta perwakilan lainnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita