Rabu, 17/01/2018, 04:50:43
PPDP Diminta Lakukan Coklit Door to Door
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pelantikan dan Bintek PPDP se-Kecamatan Bumiayu di Aula Kantor Kecamatan setempat (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 195 petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilantik pada hari Rabu 16 Januari 2018 di aula Kantor Kecamatan setempat. Setelah dilantik petugas PPDP langsung mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bumiayu, Iwan Efendy, ditandai dengan pengambilah sumpah dan penandatanganan berita acara. Selain itu petugas PPDP juga menandatangani pakta integritas.

"Ada 195 PPDP sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 yang tersebar di 15 desa se-Kecamatan Bumiayu," kata Iwan.

Selanjutnya para petugas PPDP diminta untuk bekerja sungguh-sungguh dan mengikuti prosedur dengan baik dalam proses pencocokan penelitian (Coklit) terhadap data pemilih, maka daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 akan lebih baik dibanding sebelumnya.

Dikatakan, PPDP merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu mereka memiliki peran sangat penting dalam proses penyusunan daftar pemilih. Mengingat strategisnya peran PPDP ini, baik atau buruk DPT Pilgub 2018 sangat tergantung kepada kinerja PPDP di lapangan.

“Oleh karena itu sebagai penyelenggara Pemilu harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan terkini. Daftar pemilih berkualitas akan mendorong kualitas proses dan hasil Pemilu lebih baik,” terang Iwan.

Sementara itu, Sekcam Bumiayu yang juga Sekretariat PPK Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi dalam arahannya mengingatkan, agar petugas PPDP melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) secara benar dan sungguh-sungguh.

"Proses coklit yang benar adalah dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah (door to door)," katanya.

Eko juga menegaskan, petugas PPDP tidak diperkenankan untuk meninggalkan data yang digunakan untuk proses coklit di rumah warga. Dengan harapan, agar warga itu sendiri yang mengisi datanya.

"Ini demi untuk memperbaiki data pemilih yang nanti juga sekaligus akan kita gunakan sebagai data Pemilih Pemilu 2019," terang Eko.

Hadir dan menyaksikan kegiatan pelantikan dan Bintek PPDP sore itu, beberapa pejabat perwakilan Muspika Bumiayu dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bumiayu.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita