Senin, 29/01/2018, 11:19:54
Tak Disangka, 8 Petinju Brebes Lolos Porprov Jateng
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Para atlet tinju Brebes tengah berlatih di Sasana Koramil 14 Banjarharjo.(Foto : Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Delapan dari sembilan atlit tinju asal Kabupaten Brebes, yang tergabung dalam Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) setempat, berhasil lolos ke ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (Jateng), yang rencana digelar Oktober 2018 mendatang.

Kepastian delapan petinju asal Kota Bawang Merah dan Telur Asin lolos ke ajang gelaran olahraga bergengsi empat tahunan itu, setelah babak kualifikasi Porprov cabang olahraga tinju yang digelar di Purwodadi, Kabupaten Grobogan beberapa waktu lalu.

Pelatih Pertina Kabupaten Brebes, Johan SS mengatakan, pihaknya tidak menyangka bahwa 8 anak didiknya bisa berhasil lolos ke ajang Porprov Jateng, yang rencana akan digelar di Surakarta itu.

"Daerah lainpun juga tidak menyangka bahwa Kabupaten Brebes bisa meloloskan 8 petinjunya ke Porprov Jateng 2018, karena kami (Pertina-red) baru muncul dibandingkan daerah-daerah lainnya," ujar Johan, kepada PanturaNews.Com, saat berkunjung ke Kantor KONI Kabupaten Brebes, Senin 29 Januari 2018.

Menurutnya, satu dari sembilan petinju yang tidak lolos, didiskualifikasi oleh wasit, dengan tanpa peringatan terlibih dahulu, sehingga diberhentikan.

"Permasalahannya hanya karena anak didik kami salah memukul atau karena dianggap membahayakan lawan. Padahal, anak didik saya yang satu ini merupakan andalan petinju putra, yang cukup berpengalaman," terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mensyukurinya, lantaran Pertina Kabupaten Brebes masuk peringkat tiga besar, dibawah tuan rumah Purwodadi yang berada diperingkat satu dan Kota Semarang, peringkat dua dari 25 kabupaten/kota di Jateng yang mengirimkan atlet tinjunya.

"Untuk Porprov Jateng nanti, kami tidak muluk-muluk dalam meraih perolehan jumlah medali. Cukup 1 medali emas dan 3 medali perunggu saja. Sebab, menurut saya, itu target yang realisitis," ucap Johan.

Adapaun, lanjut Johan, 8 petinju yang lolos Porprov Jateng tersebut diantaranya, untuk putri kelas 45 kg elit, dengan atas nama Tia Indriyani,. Kemudian, Windia Lauren Marel, kelas 48 kg elit dan Siti Nurkholifah kelas 51 kg elit.

"Ketiga petinju ini masih pelajar, yang semuanya  berasal SMK Bina Bangsa Kersana," tutur Johan, yang melatih anak-anak didiknya di Sasana Koramil 14 Banjarharjo ini.

Selanjutnya, imbuh Johan, untuk petinju putra yang lolos Porprov Jateng, yakni Kusyanto , kelas 52 kg elit, asal SMA N 1 Banjarharjo. Kemudian, Syahril Ismail, kelas 56 kg, asal SMK Bina Bangsa Kersana dan Aiman Febrianto, kelas 64 kg dari Pertina Kabupaten Brebes.

"Petinju lainnya adalah, Muh. Fahrijal Alamsyah, kelas 69 kg asal SMA N 1 Banjarharjo dan Abit Faizal, kelas 75 kg dari Pertina Kabupaten Brebes," paparnya.

Ketua KONI Kabupaten Brebes, Bambang Edi Prabowo, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertina Kabupaten Brebes, yang berhasil meloloskan petinjunya sebanyak 8 atlet tersebut ke ajang Porprov Jateng.

"Tentu, kami sangat berharap agar Pertina Kabupaten Brebes bisa mendapatkan medali, lebih dari yang ditargetkannya itu. Mudah-mudahan saja, semuanya bisa mendapatkan medali, baik emas, perak maupun perunggu," tandas Kowo, panggilan akrabnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita