Senin, 12/02/2018, 03:46:41
Dewan Aprisiasi Pokdarwis Kelola Waduk Penjalin
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Anggota DPRD Brebes, Mafrukhi (berkaca mata) mencoba naik perahu saat bertandang ke Obyek Wisata Waduk Penjalin (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Anggota DPRD Brebes, Jawa Tengah, Mafrukhi mendukung upaya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Waduk Penjalin (WP) untuk melakukan pengelolaan potensi wisata di kawasan Waduk Penjalin di Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan.

"Potensi wisata di Waduk Penjalin sangat bagus untuk dikembangkan, sebagai anggota DPRD saya sangat mendorong warga setempat untuk mengelolanya secara baik," katanya kepada wartawan, Senin 12 Februari 2018.

Menurutnya, masyarakat setempat yang tergabung dalam Pokdarwis WP cukup kreatif dalam upaya mengembangkan kawasan Waduk Penjalin untuk menjadi destinasi waisata yang dimintai wisatawan.

"Rupanya masyarakat telah memiliki kreatifitas sendiri dan inovasi sendiri," katanya saat mengunjungi lokasi waisata di ujung selatan Kabupaten Brebes ini.

Dikatakan, pihaknya akan terus mendorong dan juga membantu agar Pokdarwis WP mengelolanya menjadi lebih baik. Diantaranya akan membantu dalam upaya mewujudkan kerja sama atau MoU dengan pihak terkait, sehingga dapat mengelolanya baik di kawasan luar dan dalam Waduk Penjalin.

"Kami sangat mendukung dan akan membantu agar MoU itu dapat segera terwujud," kata anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar ini.

Ketua Pokdarwis WP Nurul Iman mengaku makin bersemangat untuk terus mengembangkan kawasan Waduk Penjalin dengan adanya dukungan dari anggota DPRD Brebes tersebut. Bersama warga sekitar Pokdarwis WP saat ini juga melakukan inovasi-invasi agara Waduk Penjalin semakin diminati pengunjung.

"Kami melakukan beberapa kreasi untuk menjadi WP ini semakin menawan," katanya.

Diantara inovasi yang dilakukan, menjadikan kawasan Waduk Penjalin menjadi 'Kampung 3D'. Untuk maskdu tersebut kawasan sekitar WP dilakukan pengecatan dan bebarapa sudt dilukis.

"Kami kerja sama dengan komunitas seniman di wilayah selatan ini untuk membuat lukisan di tembok pagar dan rumah sekitar WP," ungkap Nurul.

Lukisan-lukisan sengaj dibuat tiga dimensi susuai namanya 3D agar lebih menarik. Pada sudut-sudt tertentu pengunjung juga dimanjakan untuk berswafoto di lukisan tiga dimensi tersebut.

"Ada lukisan sayap kupu-kupu yang besar dan lainnya yang bisa untuk swafoto," ujar Nurul.

Selain itu di kawasan Waduk Penjalin juga telah ada Taman Jamur. Di lokasi ini pengunjung dapat melakukan swafoto dengan latar belakang air dan pemandangan yang indah.

Selain itu untuk memanjakan pengunjung pula, ada warung kuliner dengan menu masakan khas Waduk Penjalin, diantaranya Warung Jukung. Di warung ini disediakan masakan olahan betutu, yakni ikan khas yang ada di Waduk Penjalin.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita