Senin, 12/02/2018, 05:56:28
Banjir dan Longsor Landa Brebes, Warga Dievakuasi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Bupati Brebes saat meninjau langsung lokasi banjir di Desa Terlangu (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Banjir yang terjadi akibat meluapnya beberapa sungai, karena guyuran hujan dengan intensitas tinnggi selama beberapa terakhir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mulai meluas. Selain banjir juga terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Banjarharjo.

Akibatnya, ratusan warga mulai dievakuasi oleh aparat gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Tim SAR, Polres, Kodim, Satpol, PMI dan sejumlah relawan lainnya untuk membantu mereka ke posko-posko pengungsian yang telah disiapkan, Senin 12 Februari 2018

Informasi, yang berhasil dihimpun PanturaNews.Com menyebutkan, di Kecamatan Brebes, ada sejumlah desa dan kelurahan yang terdampak banjir. Diantaranya, Dukuh Waru Desa Pemaron, Dukuh Miri Desa Pulosari, Desa Kalimati, Desa Terlangu, Desa Lembarawa, Kelurahan Limbangan Kulon dan Dukuh Kauman Kelurahan Brebes.

Di Kecamatan Wanasari, Desa Pebatan, Lengkong, Jagalempeni, Glonggong, dan Desa Sisalam. Kemudian, Di Kecamatan Sonngom, desa yang terdampak banjir adalah Desa Jatimakmur, Jatirokeh, Wanatawang, Songgom Lor, dan Desa Cenang.

Selanjutnya di Kecamatan Jatibarang, sejumlah desa yang tergenang banjir diantaranya, Desa Kemiriamba, Jatibarang Kidul, Klikiran, Kendawa, Buaran, Kedungtukang, Kalipucang, Kalialang, Pedeslohor, dan Desa Kramat.

Kemudian, banjir juga menggenangi desa-desa di Kecamatan Larangan dan Kecamatan Kersana. Yakni Dusun Rengaspendawa Wetan, Desa Rengaspendawa dan Desa Sutamaja.

Selain banjir yang meluas di beberapa wilayah Kabupaten Brebes, juga terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Banjarharjo. Tepatnya di jalan propinsi, termasuk di Desa Sindangheula yang disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dini hari tadi.

Akibatnya, jalan propinsi yang menghubungkan Desa Singdangheula menuju Kecamatan Salem sepanjang 15 meter dan lebar 4 meter, tertimpa longsor. Namun demikian, longsoran di jalan raya propinsi itu sudah sudah bisa dilalui kendaraan, setelah aparat keamanan dengan dibantu warga setempat membersihkannya.

Ratusan warga terdampak banjir dievakuasi ke tempat pengungsian sementara, salahsatunya di GOR Brebes. Disini sudah disiapkan beberapa tim Medis, PMI dan relawan serta aparat keamanan dari Kodim Polres dan Satpol PP Brebes.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita