Senin, 12/03/2018, 08:52:40
Dokumen Kajian Pemekaran Diserahkan Ke DPRD
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Dokumen hasil kajian akademis dari Undip terkait pemekaran Brebes, diserahkan kepada Ketua DPRD Brebes (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Dokumen hasil kajian akademis Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, terkait pemekaran Brebes Selatan, diserahkan ke Ketua DPRD Brebes, Illia Amin, di ruang rapat Komisi III DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin 12 Maret 2018.

Penyerahan dokumen hasil kajian akademis tersebut secara simbolis dilakukan oleh Koordinator Komite Pemekaran Kabupaten Brebes, Jefry Arsya Robby, didampingi para tokoh masyarakat di wilayah Brebes selatan.

Di antaranya, mantan Wakil Bupati Brebes, Faris Sulhaq dan mantan anggota DPRD Brebes, Agus Sutrisno yang juga tim Presidum Pemekaran Brebes Selatan.

Koordinator Komite Pemekaran lainnya, Jefry Arsya Robby, mengatakan, hasil kajian akademis itu merupakan langkah awal untuk menuju pemerkaran Kabupaten Brebes bagian selatan yang meliputi enam kecamatan.

Menurut dia, hasil kajian akademis itu cukup memuaskan karena wilayah Brebes selatan berpotensi menjadi daerah otonomi baru.

"Kami berharap langkah awal ini menjadi pintu pembuka harapan masyarakat Brebes selatan. Ini terwujud berkat kerjabersama seluruh elemen mayarakat, termasuk pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, PMII dan HMI di Brebes selatan," tutur Jefry.

Meski saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan moratorium, kata dia, hal itu tidak terlalu berpengaruh. Pasalnya proses menuju pemekaran Brebes selatan masih berjalan.

Di sisi lain, semua elemen masyarakat sepakat untuk mengawal proses tersebut, baik mulai di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat.

Terlebih, sejumlah pihak yang terkait juga menyatakan siap mengawal proses tersebut. Termasuk, anggota DPRD Brebes hingga anggota DPR asal Brebes.

"Jadi, bagi kami moratorium tidak berpengaruh karena prosesnya masih berjalan," terangnya.

Usai menyerahkan domumen hasil kajian akademis tersebut, dilanjutkan dengan audiensi bersama pimpinan DPRD Brebes.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita