Selasa, 13/03/2018, 12:51:16
Bupati Ajak Warga Belanja di Pasar Tradisional
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti berdialog dengan pedagang usai peresmian Pasar Grengseng Desa Taraban Kecamatan Paguyangan (Foto : Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH ajak warga untuk berbelanja di pasar tradisional. Pasalnya, dengan berbelanja di pasar tradisional yang pedagangnya umumnya warga sekitar akan memajukan pasar tersebut dan kesejahteraan warga juga akan meningkat.

"Pasar tradisional itu milik kita maka kita yang harus meramaikannya dan untuk kesejahteraan kita," ujarnya saat meresmikan Pasar Grengseng Desa Taraban Kecamatan Paguyangan, Selasa 13 Maret 2018.

Menurutnya, pasar tradisional sekarang sudah banyak dilakukan revitalisasi sehingga kondisinya juga semakin baik. Seperti dengan Pasar Grengseng yang kondisinya bersih dan nyaman dan pedagangnya juga banyak menyediakan bermacam kebutuhan masyarakat.

"Sekarang belanja di pasar tradisional ini nyaman, bersih dan harganya juga terjangkau oleh warga," kata Idza.

Dikatakan, jika pasar tradisional ramai oleh pedagang dan pembelinya akan meningkatkan perekonomian warga juga akan memberikan tambahan pedapatan bagi desa juga pemerintah. Pendapatan tersebut dapat meningkatkan pembangunan yang bermanfaat pula bagi warga.

"Pasar ini akan memberikan pendapatan bagi desa dengan adanya retribusi pasar juga dari parkir," tutur Idza.

Selanjutnya Idza berharap kepada para pedagan juga masyarakat dapat menjaga dan merawat Pasar Grengseng sehingga tetap aman nyaman dan bersih serta sehat.

Pasar Grengseng merupakan pasar tradisional yang dikelola oleh Desa Taraban bekerjasama dengan KUD Paguyangan. Pasar direhab dengan bantuan dari pemerintah sebesar Rp 800 juta lebih melalui anggra tahun 2017.

Pasar Grengseng yang berada di perlintasanbkereta api Kretek jalan nasional ruas Tegal-Purwokerto ini ada 214 pedagang. Pasar jyga memiliki 18 kios berukuran 3x3 meter dan los berukuran 20x18 meter persegi dengan dilengkapi toilet bersih.

Persemian Pasar Grengseng dihadiri Asisten II Setda Brebes M Iqbal, Kepala Baperlitbangda DR Angkatno dan juga pejabat dari Dinkopumdag serta lainnya. Kepala Desa Taraban Imam Mahdi, Camat Paguyangan Ahmad Hermanto dan juga pejabat Muspika Paguyangan nampak hadir pada acara tersebut. Anggota DPRD Brebes Ahmad Mafrukhi dan H Nor Endro juga hadir di peresmian itu.

Persemian Pasar Grengseng ditandai dengan pemotongan pita beruntai bunga melati di pintu masuk utama dan juga pemotongan tumpeng. Usai pemotongan tumpeng Bupati Idza melakukan peninjauan ke dalam pasar menemui pedagan dan juga pembeli yang mengelu-elukannya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita