Kamis, 22/03/2018, 06:22:46
Panwaslu Periksa Saksi Pelanggaran Kampanye
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Panwaslu Brebes melakukan pemeriksaan terhadap saksi dugaan pelanggaran kampanye (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis 22 Maret 2018 melakukan pemeriksaan saksi-saksi atas dugaan pelanggaran kampanye Pemilihan Gubernur (Pligub) di Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Sirampog.

Ketua Panwaslu Brebes, Wakro mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap saksi-saksi dari Panwascam dan warga yang rumahnya menjadi tempat kegiatan dugaan kampanye.

"Saat ini kami melakukan pemeriksaan dari unsur Pawascam juga warga yang rumahnya ketempatan kegiatan kampanye calon gubernur nomor urut satu tersebut," katanya disela-sela pemeriksaan yang dilakukan di Aula Kecamatan Bumiayu.

Menurutnya, kegiatan yang diduga kampanye dilaksanakan di Desa Bangbayang Kecamatan Bantarkawung dan Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog. Pada kegiatan tersebut tidak ada Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang merupakan sayarat untuk setiap kegiatan kampanye.

"Setiap kegiatan kampanye harus ada pemberitahuan ke Polres dan minimal tiga hari sebelum hari pelaksanaan," kata Wakro.

Dikatakan, dari pemeriksaan diperoleh keterangan ada pemberitahuan ke Polres yang dibuat sehari sebelum kegiatan sehingga tidak dikeluarkan STTP. Kegiatan kampanye dilakukan pada hari Sabtu 17 Maret 2018 sementara pemberitahuannya diajukan sehari sebelumnya.

"Baik yang di Bantarkawung maupun yang di Sirampog hari kegiatannya sama dan tidak ada STTPnya," ungkap Wakro.

Ditambahkan, sesuai aturan kegiatan kampanye dapat dilakukan oleh partai pengusung calon. Kegiatan di Bantarkawung dan Sirampog ada pengumpulan massa dan juga membagi-bagikan stiker bergambar calon.

"Kegiatan di dua tempat tersebut juga dihadiri oleh warga bukan relawan, karena hingga saat ini belum ada daftar nama-nama relawan yang telah ditetapkan," terang Wakro.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dugaan pelanggaran kampanye, Panwaslu Bebes juga telah melayangkan surat pemanggilan terhadap Ketua DPC PDIP Brebes sebagai terlapor dugaan pelanggaran tersebut.

"Untuk terlapor yakni Ketua DPC PDIP Brebes kami juga akan kami lakukan pemeriksaan besok hari Jumat 23 Maret 2018," pungkas Wakro.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita