Rabu, 11/04/2018, 07:19:59
Demo Warnai Sidang Istimewa HUT Kota Tegal
LAPORAN NINO MOEBI

Nelayan Kota Tegal menggelar aksi unjuk rasa bersamaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Ribuan nelayan Kota Tegal, Jawa Tengah, dari berbagai elemen menggelar aksi unjuk rasa bersamaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tegal, Rabu 11 April 2018.

Aksi para nelayan dimulai dari kantor KNKT Komplek Pelabuhan Jongor, Tegalsari, Kota Tegal sekitar pukuk 10.00 WIB. Massa membentangkan beberapa spanduk sambil melakukan orasi bergantian.

Massa dari unsur Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Barisan Muda Nelayan (BMN) Kota Tegal dan KUD Karya Mina dengan diiringi Barongsai, kesenian tradisonal dan Balo-Balo melakukan longmarch menuju Gedung DPRD Jalan Pemuda Kota Tegal.

Sesampai di Gedung DPRD, sekitar pukul 11.00 WIB massa disambut oleh Pjs Wali Kota Tegal, Drs Achmad Rofai, M.Si, Ketua DPRD Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH, Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto SIK, Dan Lanal Tegal, Letkol Mar. SB Manurung, Dandim Tegal 0712 Letkol Kav Kristiyanto S,Sos yang kebetulan usai mengikuti sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal, dalam rangka HUT Kota Tegal yang ke 438 Tahun 2018.

Koordinator aksi, Riswanto dalam tuntutannya menyampaikan, karena kita para nelayan sudah berkontribusi kepada negara melalui pembayaran PNPP dan PHP, untuk menyamakan kita tetap menuntut legalitas alat tangkap ikan jenis cantrang secara nasional.

"Jadi tidak ada perbedaan ukuran gros ton kapal, yang besar bisa melaut dan yang kecilpun masih tatep melaut," tutur Riswanto.

Tokoh nelayan Kota Tegal, H Tambari Gustam menambahkan, di Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada 6 April minta agar hari itu dimasukan setiap tahunnya pada rangkai dan kegiatan HUT Kota Tegal.

Koordinator aksi, Riswanto menyerahkan Petisi Kirab Hari Nelayan Nasional Kota Tegak 2018 dan ditandatangani oleh Pjs Wali Kota Tegal, Ketua DPRD, Kapolres Tegal Kota, Dandim Tegal 0712 dan Dan Lanal Tegal.

Dalam petisi ysng merupakan aspirasi dari para nelayan disebutkan meminta dukungan untuk memperjuangkan kepentingan nelayan Kota Tegal, minta dukungan percepatan industri perikanan, mendorong revisi kebijakan Permen Kelautan dan Perikanan yang menghambat percepatan industri perikanan nasional, mendorong kepada pemerintah atas status pelegalan alat tangkap ikan cantrang secara naisonal, minta penyederhanaan dokumen kapal perikanan tangkap dan minta perlindungan keamanan kepada nelayan dalam bekerja di laut.

Sebelum membubarkan diri dengan tertib, massa dengan beberapa unsur Forkopimpda Kota Tegal, makan bersama enam tumpeng dipelataran Gedung DPRD.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita