Rabu, 25/04/2018, 02:24:16
Dewi: Gerakan Hidup Sehat Harus Terus Dikampanyekan
LAPORAN SL. GAHARU

Dewi Aryani tandatangani komitmen (atas) dan senam sehat pada sosialisasi Germas (Foto: Tin DeAr)

PanturaNews (Brebes) - Masalah kesehatan yang timbul saat ini, merupakan akibat dari perilaku hidup yang kurang sadar akan kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan. Itu bisa dicegah bila fokus upaya kesehatan, diutamakan pada upaya preventif dan promotif.

Hal itu dikatakan Anggkota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, M.Si yang didampingi didampingi perwakilan Direktur Poktekes Semarang, Marsum BE, Spd, MHP pada Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 25 April 2018 siang.

Kampaye Germas merupakan kerja sama Poltekes Semarang beserta Dinas Kesehatan Brebes yang dihadiri 300 peserta terdiri beberapa Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Lintas Sektor Dinas, Kader PKK dan Kader Posyandu dua kecamatan yakni Wanasari dan Bulakamba.

Pada setiap sosialisasi, Dewi Aryani selalu mengundang dan melibatkan perwakilan dari masing masing desa. Untuk acara di Bulakamba Dewi Aryani melibatkan 19 desa se-Kecamatan Bulakamba dan 20 desa se-Kecamatan Wanasari.

Sehari sebelumnya, Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, melaksanakan sosialisasi 10 kegiatan prioritas Dana Desa bidang Kesehatan dihadapan 20 kepala desa dan ratusan kader dari 20 desa di Kabupaten Tegal. Anggota Komisi IX tersebut selalu mengingatkan pentingnya kesehatan lingkungan, seperti sanitasi dan air bersih desa yang masuk dalam agenda Presiden Jokowi dalam 10 kegiatan prioritas kesehatan Dana Desa.

“Masalah kesehatan yang timbul saat ini, merupakan akibat dari perilaku hidup yang kurang sadar akan kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan,” ujar politisi yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes).

Ditegaskan DeAr, lal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan, diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

DeAr menerangkan, 3 isu utama kesehatan yang harus digaungkan oleh para kader Desa kepada warga, antara lain isu stanting (kekurangan gizi), isu imunisasi dan TBC. Dewi Aryani menaruh perhatian terkhusus terhadap isu stunting. Kabupaten Brebes termasuk lokus stunting yang menjadi tugas Kementerian Kesehatan, dibantu oleh peran Anggota DPR yang mensosialisasikan dengan jaringan hingga tingkat RT.

"Untuk itu, gerakan masyarakat hidup sehat harus digalakkan, jangan ada lagi balita kurang gizi, jangan ada lagi balita jatuh sakit, jangan sampai terlambat imunisasi, bayi dan balita adalah anak-anak kita semua, tanggung jawab pemerintah dan warga masyarakat menuju Brebes yang Sehat," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Dewi Aryani mengharapkan seluruh komponen masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggalnya. “Itu demi anak-anak generasi penerus kita, demi keluarga kita dan untuk Brebes yang Sehat," pungkas Dewi Aryani.

Sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes yang diwakili oleh drg Adhi Supriadi, MKes menjelaskan yang dimaksud dengan Germas yakni suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama oleh seluruh komponen bangsa.

"Kegiatan Germas dapat dilakukan dengan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, maupun menggunakan jamban," ujarnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita