Jumat, 11/05/2018, 03:37:32
Dua Siswi SMAN Bumiayu Terpilih Ikuti OSN di Padang
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Nur Fatkhiyah (kedua dari kiri) dan Pranindiska Nurlistyo Naistana (kedua dari kanan) bersama kepala SMAN 1 Bumiayu (tengah) dan guru pembimbingnya (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh siswa dari SMA Negeri 1 Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dua siswinya meraih juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jawa Tengah dan akan maju pada OSN tingkat nasional pada tanggal 1-7 Juli 2018 mendatang di Padang Sumatera Barat.

Adalah Nur Fatkhiyah siswi Kelas XI dan Pranindiska Nurlistyo Naistana Kelas X, keduanya keduanya dari jurusan IPA menjadi meraih juara OSN untuk Mata Pelajaran (Mapel) Ekonomi.

"Saya suka pelajara Ekonomi sejak saya masih duduk di bangku SMP," katanya kepada awak media, Jumat 11 Mei 2018.

Nur Fatkhiyah ini siswa cerdas yang sudah nampak sejak SMP, dengan selalu meraih juara bahkan mampu meraih nilai tertinggi untuk Ujian Nasional (UN) saat SMP tersebut. Begitu pula dengan Pranindiska yang mengaku suka dengan tantangan.

"Kalau ada soal yang sulit itu merupakan tantangan dan saya harus bisa menyelesaikannya dengan benar," ujar Pranindiska.

Persiapan mengikuti OSN di Padang, baik Nur dan Pranindiska mengaku saat ini lebih ints belajar menguasai materi Mapel Ekonomi. Penguasaan dan kemampuan bahasa Inggris juga makin ditingkatkan, terutama kemampuan pemaparan dengan menggunakan bahasa asing tersebut.

"Kami terus belaja r untuk lebih menguasai membuat esai memberikan pemaparan dan membuat makalah," kata Nur Fatkhiyah yang mengaku lahir dari keluarga sederhana dan ayahnya hanya sebagai buruh harian lepas ini.

Kepala SMA Negeri 1 Bumiayu, Samsul Ma'arif MPd mengatakan, mengakui kedua siswinya tersebut termasuk siswi yang berprestasi sehingga layak meraih medali emas di OSN Provinsi. Menurutnya, siswa dan siswi di sekolah memiliki potensi yang sangat baik untuk berprestasi, sehingga pihaknya cukup memberikan bimbingan untuk mengantarkan siswanya menjadi lebih baik.

"SMA Negeri Bumiayu ini punya banyak potensi siswa yang berprestasi, itu terbukti setiap tahun selalu ada siswanya yang mampu juara di bidang akademik," ungkapnya.

Termasuk dua siswinya yang meraih prestasi di OSN Provinsi, merupakan siswa yang berpotensi sehingga dengan memberikan bimbingan dan meraih juara. Untuk bimbingan tersebut, pihaknya melibatkan pihak ketiga untuk memberikan bimbingan kepada dua siswanya tersebut.

"Selain guru pembimbing kami mengundang pihak ketiga dari kalangan dosen dan yang berkompeten di bidangnya untuk membantu membimbing dan mengarahakan kedua siswi berprestasi," ungkap Samsul.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita