Jumat, 25/05/2018, 21:44:24
Kepala DKP Tersangka Kasus Dugaan Korupsi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Tandi, resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Brebes.

Itu lantaran, tersangka diduga melakukan kasus tindak pidana korupsi, atas pemanfaatan bantuan satu unit alat berat jenis excavator dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bantuan tersebut seharusnya diberikan kepada petani tambak dan dikelola secara swadaya, namun oleh tersangka bantuan disewakan kepada pihak lain.

Kini, tersangka sudah ditahan dan dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kedungpane Semarang, guna mengikuti proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Semarang.

Akibat perbuatannya, tersangka selain terancam hukuman pidana kurungan penjara, juga terancam dipecat dari jabatannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN).

Atas kasus yang menimpa Kepala DKP kabupaten Brebes itu, Sekda Pemkab Brebes, Emastoni Ezam menegaskan, bahwa terkait bantuan hukum, Pemkab tidak akan memberikan bantuan hukum kepada pejabat pemerintahannya yang terlibat kasus tindak pidana korupsi.

"Tidak ada bantuan hukum. Yang jelas, kalau sudah berkekuatan hukum tetap atau incraht, bahwa yang bersangkutan salah, maka akan diberhentikan tidak dengan hormat atau dipecat. Kemudian, hak pensiunnya juga tidak dapat," tegas Emastoni Ezam, Jumat 25 Mei 2018.

Sementara, untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat agar tidak terganggu pasca-ditetapkannya kepala dinas sebagai tersangka, pemerintah akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) kepala dinas.

Pihaknya, mengimbau kepada pejabat di Brebes, agar berhati-hati untuk mengelola anggaran atau pun bantuan.

"Diharapkan kepada seluruh pejabat Pemkab Brebes untuk berhati- hati dalam mengelola bantuan anggaran, agar tidak ada penyalahgunaan wewenang, penyunatan, korupsi dan sebagainya," tandasnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita