Kamis, 07/06/2018, 00:03:01
Antisipasi Macet, Ratusan Traffickcone Dipasang
LAPORAN JOHARI

KBO Satlantas IPTU Buchori menempatkan Sarpras di Jalur Pantura (Foto: Johari)

PanturaNews (Tegal) - Untuk mengatasipasi macet saat arus mudik dan arus balik, lebaran tahun 2018. Satlantas Polres Tegal Kota, Jawa Tengah, telah mempersiapkan rekayasa lalulintas diantaranya menempatkan sarana dan  prasarana (Sarpras) lalulintas di sepanjang Jalur Pantura, Rabu 06 Juni 2018.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Jon Wesly Arianto SIK melalui Kasat Lantas AKP Felix MU, SE MKom didampingi Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas IPTU Buchori SH mengatakan, meski telah difungsikan Jalan tol Brebes-Semarang dan diprediksi arus mudik dan arus balik yang melintas di sepanjang 12 KM Jalur Pantura, Kota Tegal lancar, namun tetap diantisipasi.

Diantaranya, Satlantas telah menempatkan 250 buah water barrier, 160 buah Sticone, 856 buah traffickcone, 50 buah barikade dan 50 buah rambu portable. Sedangkan 25 uturn atau tempat memutar, akan diefektifkan dengan melihat situasi dan kondisi.

“Meski jalan tol Brebes-Semarang sudah bias dilalui saat arus mudik dan diprediksi Kota Tegal lancar, namun kami tetap siaga dan dengan  mempersiapkan sarpras, yang sudah kami tempatan di Jalur Pantura,” terang IPTU Buchori.

Terkait solusi lain untuk mengurai kemacaetan, menurut Buchori telah disiapkan jalur alternative diantaranya di sebelah timur terminal bis, kendaraan dari arah Jakarta belok kiri masuk ke Jalan Mataram,  langsung ke Jalingkut dan tembus di pertigaan Coyo. Selain itu, di perempatan Maya, kendaraan dari arah Jakarta, langsung belok kiri masuk ke Jalan Dr Sutomo dan tembus di Jalan Gajahmada (Pantura).

“Pengalihan arus sifatnya kondisional, jika lancer tetap lewat Jalur Pantura,” imbuhnya.

Namun, lanjut Buchori, jika benar-benar terjadi kemacetan akan diberlakukan contraflow yakni arus 3:1, dari Jakarta 3 jalur sedangkan dari rah timur 1 jalur.

“Insya Allah arus mudik tahun ini, Kota Tegal lancar, aman dan terkendali,” harapnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita