Kamis, 07/06/2018, 17:08:52
H-7 Lebaran, Kendaraan Berat Dilarang Melintas
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Rakor Forum Lalu Lintas Brebes, Tegal, Banyumas dan Cilacap membahas operasional angkutan barang pada masa Lebaran (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Kendaraan berat dihimbau untuk tidak melintas di jalur tengah jalan nasional ruas Brebes-Tegal-Purwokerto sejak H-7 hingga H+7 lebaran. Hal itu merupakan hasil kesepakatan bersama rapat kordinasi (rakor) Forum Lalu Lintas Brebes, Tegal, Banyumas dan Cilacap membahas operasional angkutan barang pada masa Lebaran tahun 2018/1439 di Hotel Anggraeni Bumiayu, Brebes, Kamis 07 Juni 2018.

"Pembatasan kendaraan mulai H-7 hingga H+7 kendaraan angkutan berat untuk tidak lewat di jalur tengah ini," kata Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto usai memimpin Rakor.

Di antara kesepakatan yang diambil dalam rakor tersebut, Forum Lalu Lintas Brebes akan mengalihkan kendaran angkutan barang yang semula menggunakan rute Pejagan-Purwokerto ke rute jalur Pantura. Forum Lalu Lintas Kabupaten Tegal akan melakukan perintah putar balik pada kendaraan angkutan barang yang memasuki rute Pejagan-Purwokerto, ke arah jalur Pantura. Titik batas puter baliknya terakhir di Flyover Klonengan Margasari.

Forum Lalu Lintas Kota Tegal akan melakukan penyaringan di Simpang Maya dan Simpang RS Kardinah Kota Tegal pada angkutan barang agar tidak masuk rute Prupuk-Purwokerto. Forum Lalu Lintas Kabupaten Banyumas akan melakukan tindakan penyaringan pada kawasan Ajibarang, Wangon dan Tanjung pada kendaraan angkutan barang agar tidak memasuki rute Ajibarang-Pejagan.

Kemudian Forum Lalu Lintas Kabupaten Cilacap, akan melakukan penyaringan di perempatan Sampang agar tidak memasuki rute Ajibarang-Pejagan, serta melakukan tindakan sosialisasi di wilayah Kabupaten Cilacap.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, A Syaifullah yang ikut serta dalam rakor tersebut mengatakan, rakor yang difasilitasi Polres Brebes dalam rangka antisipasi pengaturan angkutan barang.

"Ini untuk menyamakan persepsi dan sesuai surat edaran dari Kemenhub pembatasan kendaraan angkutan hanya pada rusa jalan tol, tidak pada ruas jalan nasional lainnya," katanya.

Rakor selain diikuti oleh Forum Lalu Lintas dari lima kabupaten dan kota juga diikuti unsur Bina Marga Jawa Tengah dan juga dari Dinas Perhubungan Brebes serta Dinas PUPR serta instansi terkait lainnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita