Kamis, 07/06/2018, 23:27:29
Sambut Arus Mudik, Dinkes Kerahkan Tenaga Medis
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Posko Dinas Kesehatan Brebes siap melayani para pemudik lebaran (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyiapkan posko kesehatan di berbagai tempat strategis.

Seluruh fasilitas kesehatan dan tenaga medis, dikerahkan secara penuh demi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pemudik. Posko maupun layanan informasi kesehatan, juga akan dibuka hingga 24 jam.

"Ada 38 Puskesmas di Kabupaten Brebes yang akan siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pemudik," ujar Kepala Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sri Gunadi Parwoko MKes melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Edi Puji Harto SH MKes, Kamis 7 Juni 2018.

Edi menjelaskan, untuk mendukung pelaksanaan program tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 3.217 tenaga medis, para medis dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan pemudik.

Personil yang terlibat, lanjut Edi, terdiri dari 86 dokter puskesmas, 52 dokter rumah sakit, 30 dokter intership. Juga ada 13 drg puskesmas, 18 drg rumah sakit. Selain itu dikerahkan 496 perawat puskesmas, 612 perawat rumah sakit, 959 bidan puskesmas, 908 bidan ruma sakit.

Apoteker juga disiagakan sebanyak 15 apoteker puskesmas dan 27 apoteker rumah sakit. Tenaga lain ada perbantuan dari Saka Bhatik Husada Pramuka dan Banser Husada.

Sarana fasilitas kesehatan lainnya, masih kata Edi, berupa 30 unit ambulan, 55 mobil puskesmas keliling, 38 motor ambulan, 1 unit mobil ambulan PSC 119 dan 6 unit motor ambulan.

Selain Puskesma, juga dibangun 35 pos kesehatan di berbagai titik. Seperti jalan sepanjang pantura dari perbatasan jawa barat yakni di Sungai Cisanggarung hingga Kaligangsa.

Jalur tengah, dari tol exit pejagan hingga Prupuk, juga fly over Dermoleng hingga Klonengan, Bojongsari perbatasan Ciledug Jawa Barat hingga Jatibarang. Dan juga jalur selatan dari Karang Sawah hingga fly over Kretek hingga Winduaji Paguyangan.

"Di dalam tol, juga dibuat Posko Kesehatan tepatnya di rest area KM 252 Pejagan Brebes. Termasuk 11 rumah sakit pemerintah dan swasta diseluruh Kabupaten Brebes disiagakan sebagai Pos Kesehatan," terangnya.

Adapun layanan yang diberikan, imbuh Edi, berupa pelayanan kegawatdaruratan, pelayanan rujukan, layanan pertolongan pertama. Penyediaan transportasi rujukan pasien ke fasilitas layanan kesehatan.

"Yang tidak kalah penting adalah layanan call center atau Public Safety Center (psc) dengan nomor 119 atau (0283) 672120, 0819119119, atau 081548344415," tuturnya.

Ditambahkannya, pos Kesehatan, akan dibuka mulai 8-23 Juni kecuali di Pos Kesehatan Rest Area mulai 6-21 Juni. Sedangkan untuk pos kesehatan di daerah wisata dibuka mulai 16-23 Juni 2018.

"Adapun 10 daerah tujuan wisata yang difasilitasi pos kesehatan yakni Pantai Randusanga Indah (Par In) Brebes, Jelajah Mangrovesari Pandansari Kaliwlingi Brebes,Waduk Malahayu Banjarharjo, Dada Blange Cikakak Banjarharjo, Air Panas Cipanas Buaran Bantarkawung, Ranto Canyon Salem, Waduk Penjalin Paguyangan, Air Panas Tirta Husada Paguyangan, Curug Putri dan Curug Cantel Sirampog," paparnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita